7 PANTAI DI PACITAN BAGIAN BARAT YANG JADI PRIMADONA DAN KEBANGGAN MASYARAKAT PACITAN - RAGIL SAPUTRI

7 PANTAI DI PACITAN BAGIAN BARAT YANG JADI PRIMADONA DAN KEBANGGAN MASYARAKAT PACITAN

  7 PANTAI DI PACITAN BAGIAN BARAT YANG JADI PRIMADONA DAN KEBANGGAN MASYARAKAT PACITAN



Apa yang ada dipikiran kalian saat mendengar kata Pacitan? tempat lahirnya Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), Pantai, Goa, atau lainnya mungkin. Tapi dari tiga contoh di atas yang aku sebutkan memang Pacitan identik dengan itu. Tidak dipungkiri Pacitan semakin berkibar sejak Bapak SBY menjadi presiden RI, kalau untuk pantainya, semua juga pasti tahu keindahan pantai di Pacitan dengan batu karang dan ombaknya yang luar biasa, untuk goa, di Pacitan ada banyak goa yang asli bukan goa buatan bahkan mendapat julukan sebagai kota 1001 goa.

Letak Kabupaten Pacitan yang berada di ujung selatan Propinsi Jawa Timur, dan langsung berbatasan dengan Samudra Hindua, membuat wilayah Pacitan yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia mempunyai banyak pantai yang sangat indah, apalagi termasuk dalam wilayah Pantai Selatan, salah satu karakteristik Pantai Selatan adalah ombaknya yang sangat luar biasa, yang tiada pernah berhenti mengalun. Belum lagi batu karang yang menjadi salah satu ciri khas dari pantai-pantai di Pacitan.

Ada dua wilayah di Kabupaten Pacitan yang menawarkan keindahan berbagai macam pantainya yaitu wilayah Pacitan bagian barat dan wilayah Pacitan sebelah timur. Wilayah Pacitan bagian barat meliputi kecamatan Pringkuku, Kecamatan Punung dan kecamatan Donorojo. Sedangkan wilayah bagian timur meliputi kecamatan Kebonagung, Kecamatan Tulakan, Kecamatan Sudimoro dan Kecamatan Ngadirojo.

Dan berikut adalah 7 pantai di bagian barat dari wilayah Pacitan yang menjadi primadona :

  • PANTAI KLAYAR
  • PANTAI SRAU
  • PANTAI WATU KARUNG
  • PANTAI KASAB
  • PANTAI BANYU TIBO
  • PANTAI SERUNI
  • PANTAI BUYUTAN

 

PANTAI KLAYAR

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, sekitar 40 km ke arah barat dari Kecamatan Pacitan (Kota Pacitan). Karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, sehingga akses menuju ke Pantai Klayar bisa melalui dua jalur, yaitu dari Wonogiri dan tentunya dari arah Jawa Timur. 


 

Kalau dari arah Wonogiri atau Jawa Tengah memang jauh lebih dekat daripada melalui Jawa Timur, karena kalau melewati jalur Jawa Timur harus melalui Kota Pacitan dan beberapa kecamatan di Pacitan terlebih dahulu. Jadi memang memakan lebih banyak waktu, apalagi ditambah kondisi jalan yang naik turun dan berliku. 


 

Ciri khas dari Pantai Klayar yang menjadi landmark dari Pantai Klayar adalah batu karang yang kokoh berdiri jika dilihat menyerupai patung spinx yang ada di Mesir. Selain itu jug adanya fenomena seruling samudra. Seruling samudra ini tidak bisa didengar setiap saat karena dipengaruhi oleh angin, ombak, batu karang dan tentunya tekan udara.  

 

PANTAI SRAU

Pantai Srau terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Selain jejeran batu karang di tepi pantai yang mempunyai daya tarik sendiri, Pantai Srau terkenal karena hamparan pasir putihnya di sepanjang pantai, dan karakteristik pasir putih di Pantai Srau adalah tidak lengket alias tidak menempel ke kulit.


 

Pantai Srau memiliki tiga spot yang menjadi keunikan dan daya tarik sendiri untuk pengunjung. Tiga spot bibir pantai tersebut di kenal dengan nama Srau 1, Srau 2 dan Srau 3. Area yang paling luar dan menjadi primadona adalah di bibir pantai di Srau 2, karena lebih luas dan di area 2 bakalan di temui batu karang yang berlubang dan dikenal dengan nama Pantai Wayang, Kalau di Srau 3 menjadi spot paling populer untuk melihat matahari terbenam dan juga area di sini bisa untuk kamping.


 

PANTAI WATU KARUNG

Terletak di Desa Watu Karung Kecamatan Pringkuku. Pantai Watu Karung terkenal dengan intensitas ombaknya yang tinggi, bahkan pernah dijadikan sebagai tempat pertandingan surfing tingkat internasional.


 

Dengan biaya masuk sebesar Rp. 10.000,- dan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000,- kita bisa sepuasnya menikmati keindahan Pantai Watu Karung.

Deburan ombak yang tiada henti dan terus mengalun ditambah semilir angin pantai, di tambah dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantai adalah nikmat yang tidak bisa dipungkiri.  

BacaUlasanku tentang Pantai Watu Karung di sini.

 

PANTAI KASAP

Terletak masih satu wilayah dengan Pantai Watu Karung, Pantai Kasap menawarkan pesona gugusan batu karang yang kokoh dan indah, dari kejauhan sekilas tampak seperti Raja Ampat nya di miliki oleh Papua. 


 

Di Pantai Kasap kita tidak hanya di suguhi dengan keindahan bak Pemandangan di Raja Ampat, karena masih ada beberapa objek wisata di Pantai Kasap ini. Salah satunya adalah Kali Cokel, di mana kita bisa naik perahu mengelilingi Kali Cokel yang bersih. dan kemudian juga ada Pantai Bercak dengan ketenangan yang ditawarkan lalu ada Pantai Denombo dan Pantai Banteng Mati.

Akusudah pernah kesana, baca ulasanku tentang Pantai Kasap di sini

 

PANTAI BANYU TIBO

Pantai Banyu Tibo terletak di desa Widore Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Pantai dengan ciri khas adanya air terjun  yang langsung jatuh kebibir pantai ini benar-benar sudah menyita perhatian para wisatawan. Dan itu merupakah land mark dari Pantai Banyu Tibo.


 

Pesona Pantai Banyu Tibo hanya bisa dinikmati kalau air laut tidak pasang, kalau air laut sedang pasang para pengunjung hanya bisa menikmati keindahan pantai Banyu Tibo dari atas tebing saja.


 

Di bawah air terjun terdapat kolam alami yang tentunya sangat indah dan menyejukkan pikiran.  

 

PANTAI SERUNI

Berada di desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, bersebelahan dengan Pantai Klayar dan Pantai Piser.

Pantai Seruni tidak terlalu luas, tetapi sama sekali tidak mengurangi keindahan dan ketenangan Pantai Seruni.

 

PANTAI BUYUTAN

Berada di Desa Widoro Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Perpaduan antara birunya air laut, pasir putih dan batuan karang yang berada di Pantai menjadi kombinasi yang sangat indah.

Yang menjadi ciri khas dari Pantai Buyutan adalah adanya kumpulan batu karang yang bentuknya menyerupai mahkota, dan konon katanya menurut cerita yang bereda, mahkota itu adalah milik Dewa Narada, yang sedang terbang dan mahkotanya terjatuh. Makanya disebut dengan Watu Narada

Selain Watu Narada ada juga Watu Pasar, Watu Bale, Watu Kenong dan Watu Keron, semua batu karang itu mempunyai bentuk yang berbeda beda, dan mempunyai sejarah cerita yang juga berbeda.

 💟💟💟💟💟💟💟💟💟💟

Itulah tujuh pantai yang ada di wilayah Kabupaten Pacitan yang menjadi andalan obyek wisata sekaligus menjadi kebanggan masyarakat Pacitan. Pantai yang tidak pernah sepi dari pengunjung baik masyarakat Pacitan itu sendiri atau warga masyarakat dari luar Pacitan.

Apalagi saat liburan, entah liburan sekolah, libur lebaran atau libur akhir tahun dapat dipastikan pengunjung bakalan banyak yang datang ke salah satu pantai tersebut atau mungkin dengan jadwal yang matang dan tersusun dengan baik bisa mendatangi ketujuh pantai semuanya. Tidak ada yang tidak mungkin bukan?

Sedikit saran, kalau berkunjung ke pantai lebih baik pagi atau menjelang sore, karena kalau siang cuacanya pasti sangat panas sekali.

Karena seluruh pantai di Pacitan termasuk dalam kawasan Pantai Selatan, yang terkenal dengan ombaknya. Maka harap hati-hati dan ikuti peraturan atau prosedur dari pengelola, jika memang ada aturan tidak boleh berenang, maka jangan mencoba untuk berenang. Jika hanya diperbolehkan bermain air di pinggir pantai, maka bermainlah sepuasnya. Tetap patuhi aturan demi keselamatan bersama.

Apakah dari kalian sudah ada yang pernah ke Pacitan? dan mengunjungi salah satu dari ketujuh pantai tersebut? apa kesan kalian? kalau belum pernah ke Pacitan, kami tunggu kedatangannya ke sini. 

 


 

Disqus Comment

Formulir Kontak