REKOMENDASI OUTFIT TIMELESS UNTUK PARA MUSLIMAH - RAGIL SAPUTRI

REKOMENDASI OUTFIT TIMELESS UNTUK PARA MUSLIMAH

  REKOMENDASI OUTFIT TIMELESS UNTUK PARA MUSLIMAH


Perkembangan trend fesyen dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dibuktikan dengan permainan warna yang semakin berani, beraneka model pakaian yang setiap tahunnya selalu berubah dan mempunyai trendnya sendiri.

 

Perkembangan trend fesyen ini juga dialami oleh trend busana baju muslim. Jika dulu mungkin ada beberapa orang yang beranggapan bahwa style pakaian muslim terkesan kuno dan ketinggalan jaman, atau modelnya tidak pernah mengalami perubahan. Tapi sekarang semua sudah berubah. Lihatlah di pusat perbelanjaan, di sekolah, di gedung perkantoran sudah banyak wanita-wanita yang memakain style muslimah dengan berbagai macam  gaya yang tentunya up to date, dan tanpa mengurangi esensi dari pakaian muslim itu sendiri.

 

Perkembangan fesyen muslim di Indonesia sendiri juga berkembang dengan sangat baik, hal terbukti dengan banyak pilihan model yang selalu mengikuti trend yang ditawarkan oleh para produsen fesyen. Hal ini juga akhirnya berpengaruh terhadap permintaan pakaian dari konsumen ke produsen.

 

Di dukung oleh minat beli masyarakat akan fesyen yang tinggi agar tetap up to date. Untuk mengejar akan permintaan yang tinggi banyak produsen yang menggunakan bahan dasar sintesis, yang hal ini berpengaruh terhadap harga jual fasyen yang pastinya lebih murah, dengan tujuan agar bisa lebih banyak menjangkau lapisan masyarakat.

 

Membicarakan tentang fesyen kita tidak bisa melupakan komponen penting di dalamnya, yaitu perihal kain. Kain adalah bahan dasar dari industri fesyen baik di Indonesia maupun di luar negeri. Ada berbagai macam jenis kain yang bisa dikreasikan untuk satu buah item fesyen.

 

Bahan Dasar Kain Apa Yang Mereka Pakai untuk Membuat Item Fesyen yang mereka produksi?

 

Banyak sekali jenis kain yang sekarang ini digunakan untuk  bahan dasar dibidang fasyen. Salah satunya adalah kain katun, di mana kain kain katun adalah kain yang sering digunakan untuk bahan dasar membuat pakaian, baik itu untuk anak-anak, pria atau wanita.

 

Kain katun sendiri memiliki banyak variasi antara lain : kain katun jepang, kain katun ima, kain katun commbed (yang biasa dipakai untuk bahasa kain kaos), katun rayon, katun madinah, katun toyobo dll.

 

Inilah alasan mengapa kain katun cocok untuk bahan dasar pakaian. antara lain :

1. Daya serap tinggi. Serat alami sebagai bahan dasar pembuatan kain katun mampu menyerap keringat dengan baik.

2. Mudah dalam hal perawatannya.

3. Kain yang tebal dan halus. Jadi lebih awet dan nyaman dipakai.

4. Tidak panas. Meski dipakai di cuaca yang panas tidak akan merasa kepanasan.

5. Mudah terurai, karena menggunakan bahan alami jadi jika berakhir di tempat pembuangan akhir, maka pakaian tersebut akan terurai dengan sendirinya.

 

itulah beberapa alasan kenapa kain katun menempati tahta tertinggi dan paling disukai oleh konsumen masyarakat.

 

Kain katun adalah salah satu dari beberapa produk kain yang ramah lingkungan. Kain katun berasal dari kapas, tapi bukan seperti kapas kecantikan yang sering kita pakai sehari-hari, melainkan kapas yang berasal dari serat kapas alami yang berasal dari tumbuhan, yang membuat  mudah terurai di akhir pemakaiannya.  Di Indonesia kain katun memang lebih banyak dipakai sebagai bahan dasar pakaian, karena kain katun bisa menyerap keringat dengan baik, dan cocok dipakai dalam cuaca apapun.

 

Apa hubungan Kain katun Dengan Konsep Sustainable Fashion itu?

 

Sustainable  fashion atau fesyen berkelanjutan adalah istilah yang menggambarkan produk, proses, aktivitas, dan orang-orang yang bertujuan untuk mencapai industri fashion netral karbon yang dibangun di atas kesetaraan, keadilan sosial, kesejahteraan hewan, dan integritas ekologis.  (sumber : wikipedia)

 

Kain katun adalah satu dari sekian banyak kain yang digunakan sebagai bahan untuk membuat sesuatu yang berkaitan dengan fesyen. Di atas sudah dijelaskan bahwa kain katun terbuat dari serat tumbuhan. Dan hal inilah yang menjadi salah satu hal yang mendukung keberhasilan konsep dari Sustainable Fashion.

 

Di mana kain katun yang berasal dari serat alami, saat berakhir di tempat pembuangan dia akan terurai dengan sendirinya, kurang lebih hanya perlu waktu sekitar 1 tahun pakaian dengan bahan kain katun akan terurai dengan sendirinya, ini jauh lebih sebentar dibanding dengan bahan non alami atau sintesis yang memerlukan waktu lebih lama yaitu sekitar 20 hinggan 200 tahun.

 

Ada beberapa cara yang bisa kita terapkan sehari-hari untuk fesyen yang ramah lingkungan, antara lain sebagai berikut :

1. Memilih bahan pakaian alami bukan yang sintesis buatan, seperti kain katun.

2. Merawat pakaian dengan baik dan benar

3. Membuat skala prioritas membeli pakaian. Beli karena butuh atau sekedar mengikuti tren.

4. Pilih pakaian dengan model timeless fashion. Artinya adalah fashion yang tidak akan pernah tergerus oleh waktu. Bisa dipakai jangka panjang ditengah perkembang tren fesyen yang semakin luar biasa. Tidak ada kata kuno atau ketinggalan jaman untuk model timeless fashion ini.

 

Sedikit tips selain model yang timeless kita juga bisa memilih warna yang tidak ketinggalan jaman dan tetap eksis dari waktu ke waktu. Kita bisa memilih warna-warna dasar yaitu warna hitam, putih, navy, abu-abu, maroon dan krem. Warna-warna dasar ini bisa dengan mudah dipadu padankan dengan warna lain, dan tetap akan terlihat apik.

 

Inilah 5 item timeless fashion untuk wanita muslimah yang wajib dimiliki :

Gamis polos

Gamis sekarang tidak hanya dipakai diacara keagamaan saja, tetapi bisa dipakai untuk aktifitas sehari hari, baik formal maupun non formal. . Gamis polos menjadi bagian dari timeless fashion, karena selama masih layak dipakai gamis akan tetap terlihat kece dan keren. Gamis polos bisa dikombinasikan dengan outer berwarna lain atau outer bermotif yang akan membuat penampilan semakin cantik.

 

sumber : www.shafira.com

sumber : www.shafira.com

 

Rok A-line

Adalah rok dengan bagian bawah yang lebar, tetapi bagian atas lebih fit body. Rok ini di klaim merupakan rok yang paling disukai oleh semua orang, karena cocok untuk segala bentuk tubuh. Rok dengan model A-line terbukti dari tahun ke tahun tetap tidak tergeser. Selain cocok untuk segala bentuk tubuh, rok model ini juga cocok untuk berbagai model atasan.

 

sumber : Katalog Mayoutfit

sumber : Katalog Myoutfit

 

Tunik

Tunik adalah pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung. Baju ini bisa berlengan atau tanpa lengan, dan panjangnya sampai di pinggul atau hingga di atas lutut. Di zaman sekarang, tunik yang panjangnya hanya di sampai pinggul di sering dipakai wanita sebagai blus longgar saat santai (wikipedia)


sumber :www.shafira.com

sumber : www.shafira.com

 

Celana Panjang

Untuk model celana panjang banyak sekali pilihannya, tinggal kita suka yang model seperti apa. Ada celana palazo, celana kulot dll. 

sumber : Katalog Mayoutfit

sumber : Katalog Mayoutfit

 

 

Outer

Outer pada dasarnya adalah pakaian berupa atasan yang berada di paling luar. Outer memiliki banyak variasi, mulai dari long outer, cardigan, vest atau rompi, sweater, jaket dll.

 

contoh long outer sumber : www.shafira.com

itulah beberapa item fesyen yang bersifat timeless, kalau kamu suka yang mana? atau kamu sendiri punya rekomendasi busana yang bersifat timeless fashion ala kamu. Share di kolom komentar yuk. Semoga aku, kamu, kalian dan kita semua bisa menerapkan prinsip timeless fashion, mari kita bersama-sama selamatkan bumi kita. Kalau bukan kita siapa lagi.

 

Kalau kalian sangat menyukai informasi terkait fesyen silahkan klik Laruna Indonesia Fashion Forum dan jika kalian suka fesyen dan suka mengulasnya silahkan bergabung menjadi bagian dari kontributor Laruna , untuk caranya Menjadi Kontributor  

 

Disqus Comment

Formulir Kontak