MENGENAL LEBIH DEKAT JAJANAN ASAL KOREA LEWAT REALITY SHOW JINNY'S KITCHEN (PART 2) - RAGIL SAPUTRI

MENGENAL LEBIH DEKAT JAJANAN ASAL KOREA LEWAT REALITY SHOW JINNY'S KITCHEN (PART 2)

  MENGENAL LEBIH DEKAT JAJANAN ASAL KOREA LEWAT REALITY SHOW JINNY'S KITCHEN (PART 2)


Tidak hanya di Indonesia, di Korea Selatan juga banyak jajanan yang dijual di pinggir jalan. Jika di Indonesia ada martabak, siomay, terang bulan, sosis, sempolan dan lain-lainnya, tentunya di Korea selatan beda lagi jajanannya. Mungkin bagi penggemar drama korea ataupun penikmat musik korea nama-nama jajanan asal sana sudah tidak asing lagi, atau bahkan mereka sudah membuat versi lokal yang lebih ramah dan aman untuk di makan tentunya.

Di reality show "JINNY's Kitchen" mereka memang menjual beberapa menu jajanan gerobak asli korea. Jajanan tersebut menjadi menu utama yang disajikan di restoran Jinny's Kitchen. Jajanan tersebut antara lain adalah :

Gimbab


Gimbab adalah makanan asal korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Bahan untuk membuat gimbab antara lain Nasi, daging dan sayuran. Nasi putih diberi bumbu garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Untuk isinya pun sangat beragam mulai dari daging ikan, kepiting, telur, daging iga sapi, kimchi, keju, tuna dan sebagainya. Sedangkan bahan sayurannya adalah ketimun, bayam, wortel, acar lobak. Semua bahan dan isi digulung, biasanya akan diiris sampai 8 potongan seukuran gigitan. (sumber ; WIKIPEDIA)

 

Lalu bagaimana dengan gimbab versi dapur Jinny's?

Rumput laut, nasi dan daun perila kemudian ada sayuran segar seperti wortel, ketimun sebagai isiannya, bisa juga ada tahu goreng, daging bulgogi dan ikan tuna. Kemudian digulung (untuk isian tidak boleh terlalu banyak, karena akan kesulitan saat digulung dan biasanya tidak bisa menempel), setelah itu lapisi dengan minyak wijen, kemudian dipotong dan sajikan dengan saos.

 

Menu gimbab di Dapur jinny's antara lain : Gimbab sayuran segar, gimbab tahu goreng, Gimbab Babi pedas, Gimbab Tuna, Gimbab Bulgogi.

 

Tips dari sang maestro gimbab di Jinny's Kitchen Jung Yumi adalah meski pesanan banyak tetap harus buat satu persatu dan tidak boleh tergesa-gesa serta harus fokus.

 

Raemyon


Raemyon adalah mie kuah ala Korea, yang dapat dibuat dari mi basah atau mi instan, biasanya ramyun korea mempunyai citra rasa yang pedas.

Untuk di dapur Jinny, mie raemyon dilengkapi dengan taburan daun bawang, taburan sayur dan telur. Untuk variasinya ada mie raemyon keju dan mie raemyon tumis pedas. Awalnya aku kira mie raemyon tumis pedas yang dibuat oleh Park Seo Jun ini kalau versi Indonesianya adalah mie goreng, ternyata beda. Mie raemyon tumis pedas ala Jinny's Kitchen ini dilengkapi dengan taburan gula mayonaes, jagung dan keju. Cara masaknya yaitu setelah mie raemyon matang sempurna, tiriskan airnya, kemudian dimasak lagi dengan mencampurkan saus pedas, saus mozarelle, saus jagung dan keju yang meleleh kemudian masukkan ke microwave, jika sudah selesai siap dihidangkan.

 

Corn Dogs


 

Mungkin bagi para penggemar drama korea ataupun k-pop nana jajanan ini pasti tidak asing, bahkan mungkin dari kita beranggapan bahwa corn dog itu berasal dari korea, tapi ternyata corn dog itu berasal dari Amerika. Menurut wikipedia (dalam bahasa indonesia), corn dog adalah makanan yang terbuat dari sosis yang ditusuk kemudian dilapisi dengan tepung jagung dan digoreng dengan tehnik digoreng rendam (menggoreng dengan minyak banyak dan semua bagian makanan terendam dengan sempurna di wajan)

 

Dari beberapa menu di Jinny's Kitchen, menu corn dog ini yang sepertinya mudah untuk dicoba membuatnya di rumah. Dan asal kalian tahu wajan atau alat masak buat goreng cron dog ini yang membuat kagum. soalnya baru tahu model seperti itu. modelnya adalah seperti ini :

 

Awalnya corn dog yang disajikan di Jinny's Kitchen adalah corn dog versi original tapi disaat episode berjalan ada variasi baru untuk cron dog ini, yaitu corn dog kentang dan corn dog campuran.

 

Untuk corn dog di Jinny's Kitchen adalah sosis dan keju yang ditusuk. Resep awal untuk adonan corn dog adalah 500 gram air dan 500 gram adonan campuran, tapi setelah membuat sendiri Park Seo Jun menemukan kombinasi baru yang menurutnya lebih cocok dan mantap yaitu 200 gram adonan campur dengan 850 gram air.

 

Cara membuat corn dog ala Jinny's Kitchen :

Panaskan minyak, kemudian tusukan sosis dan keju dilumuri adonan tepung secara merata kemudian lumuri dengan tepung roti, lalu goreng hingga kecoklatan, setelah matang taburi gula dan saos mayonaise dan siap untuk disajikan. 

 

Untuk corn dog kentang ini, sosis dan keju tetap menjadi bahan utama, cuma setelah sosis dan keju dilumuri adonan tepung, tidak langsung dibalur dengan tepung roti, tetapi dibalur dengan kentang terlebih dahulu, baru kemudian ke tepung roti dan digoreng. Dan tidak lupa taburan gula, saos mayonaise

 

Tteokbokki


 

Menurut wikipedia indonesia, tteobokki adalah hidangan korea berupa tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tepung beras dibuat atau dicetak dalam bentuk bulat batang yang memanjang. Bumbu gochujang sendiri adalah pasta cabai yang bahan utamanya adalah beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi, ciri khas dari pasta gocujang adalah rasanya yang pedas stapi sedikit manis, walaupun warnanya sangat merah. Di Korea gocujang adalah salah satu bumbu yang yang sangat penting.

 

Dalam penyajiannya di Jinny's Kitchen, tteobokki disajikan dengan kombinasi toeboki (kue beras) dan Garae tteok (kue ikan) beserta beberapa potongan gorengan, gorengannya sendiri adalah pangsit goreng, rumput laut goreng dan mandu dan tentunya kuah saos taeboki tidak boleh lupa, lalu bisa ditambahkan lelehan keju diatasnya.

 

Tips di Jinny's Kitchen adalah bahwa tteobokki harus sering diaduk, karena bisa lengket, karena seperti di Jinny's Kitchen panci tteobokki kompornya selalu nyala, karena sepertinya memang cocok kalau disajikan dalam kondisi hangat.

selain tteobokki original, di dapur jinny's juga ada variasi tteobokki keju. 

 

 

Di hari kedua atau ketiga, Seok Jin memutuskan untuk menambah menu baru, yaitu ayam goreng pedas. Dan bersama ayam goreng pedas inilah pada akhirnya Kim Taehyung debut memasak. Meski di BTS dia juga pernah memasak meski tidak sebanyak 3 chef andalan BTS, tapi dibandingkan memasak dia lebih sering jadi peri pencuci piring.

 


inilah resep ayam bakar pedas ala Jinny's Kitchen.

Pertama, siapkan tanderloin ayam, potong seukuran satu suap, setelah dibersihkan rendam dengan susu kurang lebih sekitar 20 menit. Kemudian campur dengan adonan, di mana komposisi adonan adalah satu takaran air dengan setengah takaran campuran adonan, campur dengan merata kemudian goreng, di sini ayam di goreng dua kali. Setelah di goreng dua kali ayam di tumis dengan saus pedas. dan siap disajikan.

 

Untuk resep saos ayam goreng pedas adalah 100 gram gochujang, 200 gram kecap, 500 gram sirup gula, 200 gram gula, 100 gram kecap  asin, 200 gram bawang putih cincang, 100 ml air, semua bahan campur disatu kemudian rebus hingga kental.

 

Selain ayam goreng pedas sebagai tambahan menu baru, Seok Jin juga menambah variasi baru yaitu variasi kombo. Ada dua variasi kombo yaitu kombo A terdiri dari setengah Gimbab dan setengah ramyeon. Kombo B ada setengah Gimbab dan setengah tteobokki. Ini aku baru liat sampai episode ke 3, masih ada 4 episode lagi dan tidak menutup kemungkinan bakalan ada menu baru yang dihidangkan di Jinny's Kitchen.

 

 


Sampai di sini, jajanan apa yang ingin kalian coba, kalau aku masih penasaran dengan tteobokki, kalau corn dog sepertinya bisa membuat sendiri di rumah. Sebelumnya jika ada kesalahan atau kekurangan dalam penyampaian resep saya mohon maaf, karena hanya sebatas melihat ke dalam video yang ditampilkan.

 

Selamat mencoba dan terimakasih banyak. 

 


 

Disqus Comment

Formulir Kontak