(Ketujuh) INILAH ALASAN MENGAPA KURMA, BAIK UNTUK BERBUKA PUASA - RAGIL SAPUTRI

(Ketujuh) INILAH ALASAN MENGAPA KURMA, BAIK UNTUK BERBUKA PUASA

 (Ketujuh)  INILAH ALASAN MENGAPA KURMA, BAIK UNTUK BERBUKA PUASA

 


Kurma makanan yang berasal dari timur tengah ini menjadi favorit di kala bulan ramadan. Kebutuhan akan kurma semakin meningkat di bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan lainnya.

 

Akan banyak kita jumpai di etalase-etalase toko yang menjual kurma berbagai jenis dan merk. Selain jenis dan merk yang bervariasi kemasan kurma juga bervariasi. Tinggal menyesuaikan selera dan kebutuhan setiap individu.

 

NABI KITA MUHAMMAD SAW, selalu berbuka dengan 3 buah kurma. Di balik sunnatullah bukan sebuah kebetulan, tapi memang mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Dan tidak akan merugi orang yang mengikuti sunatullah.

 

Inilah beberapa alasan mengapa kurma baik untuk membatalkan puasa :

  • Memiliki kandungan kalori tinggi dan mudah dicerna
  • Mempunyai kandungan gula yang tinggi antara 75-80% sangat efektif sebagai penambah energi saat puasa. Meski kandungan gula tinggi tapi tidak berbahaya bagi kesehatan. Misalnya Fruktosa, mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh akan diubah menjadi glukosa dengan cepat sehingga langsung diserap oleh organ pencernaan dan dikirim ke seluruh tubuh, terutama organ pusat seperti otak, saraf, dan sel darah merah.
  • Kandungan vitamin dalam kurma dapat meningkatkan kebasaan lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam tidak memperoleh makanan dan minuman,

 

Waah ternyata itu alasan mengapa kurma sangat dianjurkan untuk berbuka puasa. Apakah kalian juga suka berbuka puasa dengan kurma?

 

Ternyata kurma tidak hanya bisa dimakan secara langsung, tetapi bisa diolah menjadi berbagai macam kudapan yang enak dan tentunya tidak mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Inilah beberapa cara mengkonsumsi kurma selain dimakan secara langsung.

 

NABEEZZ,

Beberapa waktu yang lalu dunai booming dengan yang namanya infused water, ternyata infused water sudah ada sejak zaman RASULLULAH SAW. Nabeez adalah air hasil rendaman kurma yang sudah direndam selalama kurang lebih 5 jam.

 

PENGGANTI GULA

Sebagian orang mengganti gula dengan kurma untuk kudapan yang mereka buat. Seperti jus buah misalnya. Efek gula pasir ternyata sangat berbahaya dan ini sudah disadari oleh banyak orang. Banyak yang menggunakan kurma sebagai pengganti gula saat mereka membuat jus. Untuk menggunakan kurma sebagai pengganti gula di jus buah apakah bisa diterapkan di sebuah buah atau hanya buah tertentu saja hal ini wajib kita belajari lebih lanjut.

 

JUS KURMA

Sekarang sudah banyak beredar jus kurma dalam kemasan. Jikalau tidak ingin beli dan lebih aman serta yakin kalau membuat sendiri untuk caranya sudah banyak tersedia di google ataupun youtube.

 


 

Disqus Comment

Formulir Kontak