(Hari Kedelapan) REKOMENDASI MAKANAN PRAKTIS DAN ANTI RIBET UNTUK SAHUR - RAGIL SAPUTRI

(Hari Kedelapan) REKOMENDASI MAKANAN PRAKTIS DAN ANTI RIBET UNTUK SAHUR

  (Hari Kedelapan) REKOMENDASI MAKANAN PRAKTIS DAN ANTI RIBET UNTUK SAHUR

 


Bangun lebih awal atau malam sebelum tidur adalah dua pilihan bagi waktu sebagian orang untuk menyiapkan menu sahur keluarga mereka. Ada yang lebih memilih bangun awal lalu masak, tetapi ada yang memilih malam sebelum tidur untuk menyiapkan menu sahur karena takut terlambat bangun. Mungkin waktu yang dipilih berbeda, tapi pasti punya satu kesamaan yaitu mereka ingin masak yang praktis dan tidak ribet yang pastinya tidak memerlukan waktu yang banyak tetapi disukai seluruh keluarga dan gizi terpenuhi.

 

Berikut 5 rekomendasi ala ragilsaputri.com untuk menu praktis berbuka puasa :

 

ORAK-ARIK SAYUR

 

Kalau kata keponakan di rumah bukan orak-arik sayur tapi oseng sop. Karena memang bahan dasar dan bumbunya persis dengan sop, Cuma kalau orak-arik di oseng pakai minyak dan ada tambahan telur yang dikocok. Cara membuatnya sangat mudah dan dijamin berhasil. Karena sudah ada telur kocok yang dicampur ke dalam sayuran, Maka untuk lauk bisa pakai kerupuk, tempe atau tahu yang digoreng dengan tepung. Jikapun tidak memakai lauk tidak apa-apa, karena sudah ada telur dala sayur orak-orik tersebut

 

Karena ditumis dengan minyak, untuk menghindari haus yang berlebihan di siang harinya, disarankan untuk minum segelas air hangat dipenutupnya.

 

SAYUR LODEH

 

Bagi sebagian orang kalau saat sahur tidak ada menu sayur (hijau daun) rasanya kurang nikmat. Dan solusi mudahnya adalah sayur lodeh untuk menu sahur. Tapi pastikan dulu kalau bahan sayur lodehnya yang tidak perlu waktu lama untuk memasak. Dan akan lebih mudah kalau memasaknya menggunakan santan instan.  Misalnya sayur lodeh bayam, Sayur lodeh dauh singkong. Untuk lauknya bisa dadar telur, ceplok telur, tahu atau tempe goreng tepung.

 

NASI PECEL

 

Yang diperlukan adalah sambal pecel dan sayuran yang sudah di rebus. Untuk sambal pecelnya sendiri bisa membuat sendiri jadi kadar kepedasan bisa disesuaikan lalu disimpan dan bisa digunakan sewaktu-waktu kalau sedang membutuhkan. Kalau tidak mau repot membuat sambal sendiri, sekarang sudah banyak sekali sambal pecel yang sudah jadi dengan berbagai macam merk dan ukuran, lebih praktis tetapi kita tidak bisa menentukan level kepedasannya.

 

Untuk sayuran yang dipakai antara lain, kacang panjang, cambah, daun bayam, daun ketela, daun kenikir dan lain-lain sesuai selera. Untuk lauknya bisa telur dadar, tahu atau tempe tepung, daging ayam atau ikan lele, semua bisa disesuaikan dengan selera. Makin nikmat kalau sambal pecelnya selain disiram di sayuran juga disiram ke lauknya, nikmaat pol lebih sempurna kalau ada yang kriuk, kriuk kriuk yaap kerupuk,

 

Itulah rekomendasi menu sahur yang praktis dan bisa dinikmati seluruh keluarga besar.

 

Dan apakah menu sahur mu hari ini?

 

Selamat menunaikan ibadah puasa semoga berkah dan barokah dunia akhirat. Aamiin. 

 


 

Disqus Comment

Formulir Kontak