(Hari Kesembilan) 5 KEGIATAN BERMANFAAT YANG BISA DILAKUKAN SELAMA BULAN RAMADAN. - RAGIL SAPUTRI

(Hari Kesembilan) 5 KEGIATAN BERMANFAAT YANG BISA DILAKUKAN SELAMA BULAN RAMADAN.

  (Hari Kesembilan) 5 KEGIATAN BERMANFAAT YANG BISA DILAKUKAN SELAMA BULAN RAMADAN.

 

 

Bulan Ramadan kita diwajibkan untuk menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, selain itu kita juga harus mampu mengendalikan hawa nafsu atau keinginan kita. Misal menahan rasa marah.

 

Meski harus menahan lapar dan haus, bukan berarti kita tidak boleh melakukan apa-apa karena takut lapar atuapun takut haus. Sejatinya puasa memang menahan lapar dan haus, tidak ada orang berpuasa yang tidak merasakan lapar dan haus. Mau sahur sebanyak apapun kita makan, sebanyak apapun kita minum, nanti saatnya kita merasa lapar juga tetap akan lapar dan haus, yang ada perut malah sakit dan tubuh jadi terasa tidak enak. Maksudnya makan dan minum saat sahur sangat banyak agar kuat menjalankan ibadah puasa malah gak bisa puasa karena tidak enak badan.

 

Bulan puasa  bukan berarti hanya tiduran, rebahan saja, tetap melakukan aktivitas seperti biasa hanya porsinya saja yang dikuarangi atau diatur sebaik mungkin agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa tanpa keluhan.

 

Semua kegiatan boleh dilakukan asal tidak membatalkan puasa. Membaca buku tidak boleh kalau sambil ngemil keripik singkong di siang hari. Memasak tidak boleh kalau habis masak langsung makan satu porsi.

 

Inilah 5 rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan :

 

BERBAGI atau BERSEDEKAH

 

Tahukah kalian keuntungan bersedekah di bulan Ramadan, salah satunya adalah dilipatgandakannya pahala kita. Mari berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan di bulan ramadan ini.

 

Berbagi atau bersedekah tidak harus banyak, tidak haru mahal dan tidak harus sesuai standard orang lain, yang penting kita mampu, kita berkendak dan kita ikhlas karena ALLAH SWT

 

Pada bulan ramadan ini, jalan untuk bersedakah sangat terbuka lebar. Banyak sekali kesempatan yang ditawarkan. Mulai dari berbagi menu buka, berbagi menu sahur, berbagi takjil, berbagi sembako untuk orang-orang yang membutuhkan dll.

 

KHATAM AL-QURAN 30 JUZ

 

Jika di 11 bulan lainnya kita sulit meluangkan waktu membaca al-quran.

Jika selama setahun kitapun belum bisa mengkhatamkan al-quran 30 juz.

Dan inilah saat yang tepat untuk memulainya.

Mungkin membaca al quran 1 juz perlu beberapa hari, jadikan target ramadan mu tahun bahwa sehari bisa baca satu juz, sehari satu juz mak satu bulan sudah khatam 30 juz.

 

JJS atau JALAN – JALAN SORE atau Ngabuburit

 

Sambil menunggu buka puasa, bisa jalan-jalan sore sambil menikmati keindahan alam, semilir angir di sore hari dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas kenikmatan ini. Jadi jalan-jalan tidak hanya sekedar menjadi jalan-jalan tapi bisa bernilai ibadah juga.

 

MENGIKUTI KAJIAN /MAJLIS ILMU BAIK ONLINE ATAUPUN OFFLINE

 

Mungkin ada beberapa yang sudah melakukan kajian secara offline atau tatap muka tapi juga ada yang masih melakukan secara online. Online bisa dipastikan lebih mudah dibandingkan dengan tatap muka, tapi feel-nya, sensasinya lebih terasa saat mengikuti kajian dengan tatap muka. Tapi apapun itu caranya yang penting ilmu yang disampaikan bisa memberi manfaat untuk kita pribadi dan bisa menjadi pendoman untuk bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.

 

Di sini tidak hanya ilmu tentang agama saja ya, tapi banyak sekali ilmu yang bisa kita pelajari dalam majlis ilmu ini.

 

SHALAT BERJAMAAH

 

Shalat berjamaah ini bisa dilakukan di masjid atau di rumah. jika biasanya para kaum pria shalat berjamaah cuma di hari jumat saat shalat jumat saja, mungkin saat ramadan bisa melakukan shalat 5 waktu dengan berjamaah di Masjid,

 

Untuk para kaum wanita bisa melakukan di rumah. Banyak kesempatan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

 

Itulah lima kegiatan yang bisa dilakukan selama bulan ramadan, tapi jadikan bulan ramadan ini sebaik bekal untuk menghadapi 11 bulan lainnya. Agar ibadah yang kita lakukan tetap bisa kita laksanakan dengan baik di 11 bulan lainnya.

 

Semangat berpuasa dan selamat beraktivitas teman.

 

 

Disqus Comment

Formulir Kontak