(KEDUAPULUH SEMBILAN) BELI ONLINE Vs BELI OFFLINE - RAGIL SAPUTRI

(KEDUAPULUH SEMBILAN) BELI ONLINE Vs BELI OFFLINE

(KEDUAPULUH SEMBILAN) BELI ONLINE Vs BELI OFFLINE


Belanja adalah salah satu aktivitas yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dari mulai bangun tidur hingga mata terlelep entah berapa kali kita melalukan yang namanya belanja. Dari belanja bulanan yang mengabiskan uang sekian ratus ribu bahkan mungkin bagi sebagian orang ada yang menyentuh hingga jutaan, atau sekedar belanja krupuk seharga Rp 5000,- di warung tetangga depan rumah itu tetap disebut yang namanya belanja.

 

Belanja aktvitas yang mengahuruskan dua orang yaitu penjual dan pembeli saling berinteraksi, saling bertemu dalam satu tempat atau satu lokasi, tetapi seiring berkembangan zaman dan berkembangan teknologi definisi tersebut berubah, belanja tidak harus selalu bertemu muka antara penjual dengan pembeli, dan tidak perlu berada di satu tempat yang sama dan dikenal dengan sebutan belanja online.

 

Jual beli secara online sekarang bukan hal yang asing, semua orang pasti sudah sering melakukan yang namanya belanja secara online. Tinggal nunggu maka barang akan sampai di rumah dengan selamat.

 

Tidak perlu datang langsung ke tempat penjual, kita bisa melakukan kesepakatan antara penjual dan pembeli melalui sistem online, entah itu belanja lewat media sosial atau lewat marketplace semua dilakukan secara online tanpa bertemu muka secara langsung.

 

Lalu bagaimana dengan belanja secara offline atau secara konvensional? Apakah itu berarti membeli secara offline sudah tidak ada lagi? belanja secara offline akan tetap ada karena bagi sebagian orang ada yang lebih nyaman dan yakin kalau beli secara offline atau secara langsung dengan bertemu muka dengan pembeli. Karena mereka bisa melihat langsung barang atau dagangan yang ingin dibeli.

 

Tidak hanya menyentuh belanja saja yang mengalami pergeseran makna, berjualan pun tentu saja mendapatkan imbas dari belanja online yang semakin marak, yaitu banyaknya bermunculan pedagang online. Jualan online pertumbuhannya semakin pesat, sejalan dan seiring dengan perkembangan belanja online yang juga meningkat pesat.

 

Jika dulu atau beberapa dekade sebelumnya, yang namanya berjualan harus punya tempat nyata yang bisa dijadikan bertemunya penjual dengan pembeli, bertemunya barang dagangan dengan pemiliknya yang baru, tapi karena perkembangan teknologi yang semakin bisa mempermudah manusia, sekarang jualan pun tidak harus mempunyai toko secara fisik, atau tempat berjualan semua bisa dilakukan dengan online. Jualan online banyak menawarkan kemudahan bagi penjual dibanding berjualan secara konvensional.

 

Antara Beli Online Vs Beli Offline, pilih yang mana?

 

Mau beli online ataupun beli offline (dengan cara datang langsung ke toko) semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita sebagai pembeli harus benar-benar mempertimbangkan semua resiko yang bakalan kita terima nantinya.

 

Kalau aku pribadi bukan termasuk orang yang suka mempersulit diri, kalau misal online memungkinkan online kalau tidak ya offline aja, jadi mana yang sekiranya lebih mempermudah saja dan kemungkinan terburuknya sangat kecil biasany aku pilih itu baik beli online ataupun beli offline.

 

Pernah waktu itu beli sabun mandi, sabun cuci itu beli online, sampai keponakan yang suka nerima paketan dari mas kurir itu bilang “alah lek, sabun ae tuku online, opo ora enek neng warung” (Walah, Bulek sabun aja kok beli online, apa di warung tidak ada ?” waktu itu memtuskan beli online karena memang ternyata harganya jauh lebih murah beli online, dan tidak kekhawatiran akan produk jadi aku lebih memilih beli online waktu itu.

 

Kemudian pernah beli paket kosmetik, sebenarnya kalau beli online itu dapat diskon, tidak perlu panas-panas, tidak perlu bayar parkir, tapi aku lebih memilih beli offline karena merasa lebih yakin produknya kalau langsung beli di counternya khusus make up tersebut.

 

KEUNTUNGAN BELI ONLINE

 

Beli online perkembangan sangat pesat, tidak ada batasan untuk siapapun yang memilih cara ini, tidak ada batasan usia, tidak harus mempunyai rekening bank, tidak ada batasa tempat wilayah. Semua orang bisa dan boleh membeli online barang yang mereka butuhkan atau mereka ingingkan.

 

Karena memang beli secara online mempunyai beberapa keuntungan yang menjadi nilai tambah mengapa banyak orang yang memilih beli secara online, apa saja itu :

 

Keuntungan - keuntungan beli secara online :

  • Hemat Waktu

Dengan membeli online kita sudah memangkas banyak waktu, dari waktu menuju tempat pedagang, waktu untuk antri membayar, belum lagi waktu yang terbuang karena kena macet, dan semua bisa diselesaikan dalam hitungan menit ketika belanja online.

 

  • Mudah Mencari Referensi Toko Lain

Misal tidak cocok dengan satu toko kalau beli offiline kita perlu waktu untuk keliling atau mencari toko yang tepat sesuai dengan selera yang kita inginkan, belum lagi kalau kena omelan penjual.

Kalau di membeli secara online kita bisa memilih kategori yang kita inginkan, kita scrool untuk mencari yang cocok dengan kita. Misal mau mencari gamis, tinggal pilih kategorinya mau yang pengiriman dari mana, atau harga yang berapa, semua sudah ada kategorinya tigal kita mau pilih yang mana.

Selain itu kita juga bisa langsung bisa membandingkan harga dari satu toko dengan toko yang lain tanpa perlu bertanya kepada penjual. Jadi saat ada yang cocok tinggal masukkan keranjang dan chek out.

 

  • Mudah Dalam Pembayaran

Kita tidak perlu membawa kesana kemari uang chas untuk membeli barang, karena kalau beli online banyak cara yang ditawarkan untuk melakukan pembayaran, bisa melalui transfer bank, bisa melalui saldo emoney , bahkan bisa dengan cara COD (Cost On Delivery, bayar di tempat saat menerima barang) , bisa menggunakan pay letter juga alias dengan mencicil atau hutang terlebih dahulu tapi sangat tidak disarankan metode pembayaran dengan sistem pay letter ini, kenapa? karena akan membuat kita lebih konsumtif, jadi jika ada barang yang diingkan dan uang belum cukup lebih baik menabung dahulu, atau beli alternatif lain yang mempunyai manfaat yang sama tetapi dengan harga yang lebih ringan.

Selain itu kalau beli online kita tidak akan diribetkan perkara kembalian, tidak kebingungan mencari uang pas karena kalau dengan metode transfer kita langsung bisa membayar sesuai dengan nominal harga barang, tapi kalau menggunakan motedo COD kita perlu menyiapkan uang pas untuk membayarnya demi mempermudah pekerjaan abang kurir dalam mengantar paketan barangnya.

 

  • Jaringan Lebih Luas.

Karena beli online tidak mengenal batas wilayah, pembeli dari luar Pulau Jawa bisa dengan mudah mencari barang yang diingkan di Pulau Jawa, pembeli di Pacitan Jawa Timur bisa dengan mudah dan memungkinkan untuk membeli produk langsung dari Jakarta. Pasar market beli online memang sangat luas, bukan hanya satu kota atau satu kabupaten, bahkan bisa kirim atau beli ke luar negeri.

 

  • Lebih Efektif dan Efisien

Karena kita tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk belanja, tidak perlu panas-panasan karena keluar rumah demi membeli barang, cukup tunggu di rumah disambi dengan melakukan kegiatan yang lain barang akan diantar sampai ke depan rumah. Selain itu tidak ada waktu yang membatasi untuk kita belanja, selama 24 jam dalam satu hari kita bisa beli online.

 

Banyak kelebihan bukan berarti tidak ada kekurangan yang menyertainya, dan inilah beberapa kekurangan dalam beli online :

 

  • Rawan Terjadi Penipuan.

Karena semua terjadi secara online yang berarti berdasarkan azaz kepercayaan, tanpa ada pertemuan muka sama sekali

Berbagai macam penipuan yang sering terjadi antara lain :

Barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi produk atau barang yang dipesan. Tidak sesuai dengan foto katalog yang dipasang, dan hal ini sangat membuat kecewa jika beli secara online.

 

  • Barang tidak dikirim. 

Karena ada tenggang waktu yang diberikan oleh market place (tempat jualan online), bisa digunakan untuk mempersiapkan barang yang dipesan, tetapi hal ini dimanfaatkan oleh penjual yang tidak jujur untuk menunda-nunda mengirim barang dan sehingga tidak menutup kemungkinan barang tidak dikirim ke kostumer.

 

  • Lama

perlu beberapa waktu untuk menerima barang dari kita mulai memesannya sampai barang diterima. Karena semua memang perlu waktu, Apalagi untuk saat ini beli online memang menjadi primadona, meski banyak ekspedisi yang menawarkan kecepatan dalam pengiriman, semua orang yang beli online ingin barangnya cepat sampai, dan itu tidak bisa dilakukan secara barengan bisa diterima di waktu dan tempat yang sama.

 

KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN BELI OFFLINE

 

Ada banyak pedagang offline yang juga mulai merambah ke bisnis online jadi mereka punya dua sistem penjualan, yang otomatis mampu mendongkrak penjualan barang atau produk yang mereka jual.

 

Dan berikut keuntungan beli barang secara offline :

  • Kita langsung bisa melihat produknya secara nyata tidak dalam bentuk foto, sehingga kita bisa mengetahui dengan jelas karakteristik produk yang kita ingin beli.

 

  • Bebas Mencoba, jadi kita bisa memastikan dengan benar bahwa barang ini memang sesuai dan pas dengan apa yang kita inginkan dan barang memang dalam keadaan baik.

 

  • Kepuasan Tersendiri, karena banyak pengorbanan yang kita keluarkan mulai dari waktu, tenaga, pikiran semua tercurah untuk belanja, saat kita mendapatkan barang tersebut di tangan kita ada perasaan puas dan bahagia tentunya.

 

KELEMAHAN BELI SECARA OFFLINE

Sedangkan kelemahan belanja offline antara lain salah satu kita membutuhkan tenaga ekstra, berjalan dari satu toko ke toko yang lain, belum kalau antri, belum masalah parkiran dsb.

 

Itulah keuntungan dan kelemahan dari belanja secara online dan secara offline. Semua punya nilai plus dan minus, jadi apapun keputusanmu beli online ataupun offline pastikan dengan baik dan jangan lupa bayar.

 

 

 

Disqus Comment

Formulir Kontak