(Keduapuluh Delapan) TIPS MENGHEMAT UANG THR AGAR TIDAK HABIS TANPA SISA - RAGIL SAPUTRI

(Keduapuluh Delapan) TIPS MENGHEMAT UANG THR AGAR TIDAK HABIS TANPA SISA

  (Keduapuluh Delapan) TIPS MENGHEMAT UANG THR AGAR TIDAK HABIS TANPA SISA

 

Uang THR (Tunjangan Hari Raya) biasanya diberikan saat mendekati lebaran. Untuk besarnya bervariasi karena besarnya THR dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah lama kerja di sebuah perusahaan tersebut.

 

Ada yang satu kali gaji, ada yang dua kali gaji bahkan ada yang tiga kali gaji besar THR yang mereka terima. Bagaimana tidak menjadi hal yang ditunggu oleh para karyawan pembagian THR ini. Untuk aturan dari pemerintah, pemberian THR paling lambar tujuh hari sebelum lebaran.

 

Lalu bagaimana agar uang THR yang diterima tidak habis tanpa bekas, berikut tips menghemat uang THR ala ragilsaputri.com

 

  • Jangan Lupa Sedekah & Zakat

THR yang kita terima adalah bagian dari rezeki yang ALLAH berikan kepada kita. Pasti ada hak orang lain di dalam rezeki kita, tidak ada salahnya memberikan setidaknya 2,5% dari jumlah THR yang kita terima kepada mereka yang membutuhkan. Misal kita menerima THR sebesar Rp 3.000.000,- makas 2,5% adalah sebesar Rp 75.000,- dan selain sedekah jangan lupakan Zakat. Jadi tunaikan apa yang menjadi kewajiban kita lebih dahulu.

 

  • Pisahkan untuk menabung dan investasi

Untuk besarnya bisa disesuaikan mungkin 10% untuk nabung dan 10% untuk investasi.

 

  • Membeli keperluan Lebaran

Harus tetap bijak untuk menggunakan uang THR untuk keperluan lebaran. Karena keperluan lebaran itu tidak sedikit, dari mulai biaya mudik, biaya beli kue lebaran, belum lagi kalau tradisi harus beli baju baru dan bagi bagi angpao kepada saudara. Jangan hanya ingin dibilang wah lalu kita mengorbankan semua uang THR yang kita terima.

 

  • Bedakan antara kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan dan keinginan itu adalah dua hal yang berbeda. Apa yang kita inginkan belum tentu menjadi kebutuhan kita, Keinginan bisa setinggi langit dan sebanyak bintang di langit sedangkan kebutuhan biasanya lebih sederhana. Ada skala prioritas sebelum menentukan sikap.  Misalnya kita ingin Iphone 13, tapi sebenarnya kita tidak terlalu perlu memakai iphone keluar terbaru itu, karena ponsel yang kita punya saat ini masih bisa dan masih mumpuni untuk diajak kerja sama.   

 

 

Itulah empat cara agar uang THR yang kita terima tidak langsung habis tanpa sisa. Selamat mencoba.

 

 

Disqus Comment

Formulir Kontak