(Hari Kelima) 5 AKTIVITAS DI RUMAH UNTUK MENEMANI RAMADANMU AGAR LEBIH SERU - RAGIL SAPUTRI

(Hari Kelima) 5 AKTIVITAS DI RUMAH UNTUK MENEMANI RAMADANMU AGAR LEBIH SERU

  (Hari Kelima) 5 AKTIVITAS DI RUMAH UNTUK MENEMANI RAMADANMU AGAR LEBIH SERU

 


 

Meski aktivitas sudah pelan-pelan kembali normal, tetapi pemerintah masih terus mengingatkan untuk memakai masker, dan jauhi kerumunan. Jadi kalau tidak penting-penting banget tetap ada baiknya dirumah saja.

 

Di rumah saja waktu puasa seperti ini? ngapain? Gak bosen? Paling tiduran melulu di rumah?

 

Meski tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, bukan berarti dari sahur sampai ketemu bedug magrib kerjaanya cuma tiduran aja. Mengurangi aktivitas bukan tidak beraktivitas sama sekali.

 

Banyak yang berpendapat dengan melakukan aktivitas ini itu maka akan banyak mengeluarkan energi, jadi akan membuat tubuh mudah merasa lelah dan akan terasa lapar serta haus. Karena takut lapar dan haus jadi sebagian orang lebih memilih diam di rumah saja tanpa melakukan kegiatan yang bermanfaat.

 

Berikut rekomendasi 5 aktivitas yang dilakukan di rumah agar puasa teraasa menyenangkan :

 

Lakukan apa yang menjadi hobimu.

 

Sebatas hobi itu positif, tidak melanggar rukun puasa dan tidak terlalu menguras energi bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Misalnya membaca buku demi mengurangi stok timbunan yang semakin merajalela. Bercocok tanam dengan menanam bunga atau tanaman lainnya, siapa tahu bunga aglonema yang kamu rawat selama puasa laku puluhan juta. Menjahit ataupun merajut, siapa tahu hasil karya bisa dipakai saat lebaran tiba.

 

Membaca Al-Quran

 

Jika hari-hari biasa kita mengaji tanpa target, maka selama bulan ramadan menargetkan kepada diri sendiri untuk setidaknya katam sekali selama ramadan. Atau kalau sekali katam selama ramadan dirasa ringan boleh lah dengan dua kali katam selama ramadan atau lebih dari itu sangat diperbolehkan. Karena berlomba-lombalah kalian dalam kebaikan.

 

Menulis

 

Bagi kamu yang doyan nulis bisalah selama ramadan bisa dimanfaatkan dengan baik. Apalagi yang punya blog sangat disarankan untuk ikutan blog challenge ramadan yang setiap tahun selalu diadakan oleh Blogger Perempuan. Di mana kita ditantang menulis selama ramadan dengan tema yang sudah ditentukan oleh Blogger Perempuan.

 

Jualan Online

 

Ramadan selain ladang pahala yang terbuka seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin mendapatkannya juga merupakan ladang rezeki. Setiap ramadan selalu mendadak banyak penjual yang baru muncul ke permukaan.

 

Apalagi di era sekarang jualan gak perlu punya lapak, gak perlu ke luar rumah, Cuma modal hp, jaringan internet kita menghasilkan uang dari rumah. Kita bisa berjualan menu takjil pemasaran bisa lewat nomer whatsapp, instagram, facebook. Bisa jualan mukena, gamis, jilbab dll.

 

Mencoba resep baru

 

Jika tiap hari menu makanan selalu berputar itu dan itu lagi, tiada salahnya mencoba resep baru, entah resep baru untuk makanan berat, atau makanan ringan untuk camilan semuanya boleh dicoba, tapi ingat untuk mencobanya setelah adzan magrib berkumandang yaa. Dari resep baru yang kita coba siapa tahu bisa jadi ladang amal kita selama bulan ramadan bukan.

 

Itulah 5 kegiatan yang bisa dilakukan selama ramadan dari rumah saja. Tanpa mengurangi nilai ibadah puasa kita dan jika ALLAH berkehendak malah bisa jadi tambahan pahala buat kita semua. Aamiin

 


 

Disqus Comment

Formulir Kontak