TIGA TEMAN SETIA YANG MENEMANI SAAT NGEBLOG KAPANPUN DAN DIMANAPUN - RAGIL SAPUTRI

TIGA TEMAN SETIA YANG MENEMANI SAAT NGEBLOG KAPANPUN DAN DIMANAPUN

  TIGA TEMAN SETIA YANG MENEMANI  SAAT NGEBLOG KAPANPUN DAN DIMANAPUN

 

Main blog, memang tidak enak kalau sendiri. Kalau ada temannya itu baru yahud, karena bisa berbagi suka duka, keluh kesah dan mungkin berbagi tips ngeblog berdasarkan pengalaman mereka masing-masing, yang tentunya tiap orang punya pengalaman ngeblog yang berbeda. 

 

Tiap blogger selalu punya ciri khas masing-masing, jadi satu blogger dengan blogger lainnya tidak akan pernah bisa meniru tulisan satu sama lain, tema tulisan mungkin boleh sama, tapi hasil yang di posting di blog pasti berbeda, itulah kenapa berteman dengan para blogger itu sangat seru, menambah teman, menambah ilmu dan tentunya menambah alur rezeki bukan? karena salah satu dari sekian pintu rezeki adalah mempererat tali silaturohim.

 

Aku memang belum mempunyai teman blogger di dunia nyata, atau mungkin sebenarnya ada tapi mereka tidak menunjukkan jati diri mereka kalau mereka seorang blogger. Aku yang ngeblog cuma modal nekat, kalau menemui permasalah saat ngeblog entah itu terkait adsense, google console atau kode html yang memang diperlukan saat blogging aku cuma bertanya kepada google, karena memang hal semacam ini memang lebih nyaman dan nyambung kalau ngobrol langsung alias ketemu langsung. 

 

Suka iri kalau lihat postingan di beberapa komunitas blogger yang mengadakan kopdar alias kopi darat alis bertemu secara nyata sesama anggota komunitas blogger. Dilihat dari foto-foto yang mereka bagikan sepertinya sangat seru dan asyik. Sayangnya aku belum pernah melakukan agenda kopdar seperti itu. Entah karena memang ini kota kecil jadi komunitas blogger tidak ada, atau aku memang yang kurang update tentang komunitas blogger yang ada di kotaku.

 

Tapi meskipun aku belum punya teman blogger di dunia riil atau dunia nyata, tapi aku punya tiga teman yang setia siap menemani kapanpun mereka aku butuhkan. Tiga teman itu adalah :

 

BUKU TULIS

 

sumber : pixabay

Aku tipe orang yang lebih suka corat coret di buku dulu, baru kemudian di ketik di laptop. Siapa dari teman blogger online ku yang masih suka cara manual seperti ini? ketika eksekusi tulisanpun ada kalanya terlintas ide terkait tulisan yang sedang di tulis, biasanya aku coret-coret dulu di buku, baru kemudian di eksekusi dan cocoknya di letakkan di mana. Sekecil apapun ide yang terlintas, biasanya memang lebih puas kalau di tulis di dalam buku.

 

Ibarat nulis coretan di buku adalah seperti kita membuat draft atau rencana, entah nanti jadi dipakai apa tidak, seperti ada kepuasan tersendiri saat sudah menuliskannya di dalam buku. Selain bisa digunakan sebagai draft tulisan, tulisan yang kita buat di buku, bisa menjadi semacam revisi agar bisa nulis lebih baik kedepannya.

 

KOPI INSTAN SACHET

 

sumber : Pixabay

Ada banyak kopi instan sachet tapi yang bisa diterima oleh lidah adalah jenis white coffe dari salah satu merk yang juga memproduksi makanan ringan jenis wafer dengan rasa yang sama. Eceran cuma seharga Rp. 1.500,- (seribu lima ratus rupiah) untuk di daerahku, mungkin akan berbeda di tempat lain, mudah di dapatkan, karena di warung-warung yang ada di sekitaran rumah mereka pasti menjualnya. Murah dan meriah tapi bisa menemani setiap saat, meski aku tidak mengkonsumsinya setiap hari, karena aku minumnya cuma saat ingin saja dan paling enak saat masih hangat diminum sedikit- demi sedikit, sungguh nikmat mana yang kau dustakan.

 

CAMILAN

 

Sumber : PIXABAY

Tidak ada pilihan tertentu untuk jenis camilannya, mau itu modelan kripik, wafer, biskuit, sate, lontong, apa yang ada di depan mata semuanya oke untuk di makan. Selagi bisa dibuat untuk menemani menulis kenapa tidak, tapi yang penting saat begadang no camilan dan no coffe. Biasanya camilan yang paling sering adalah camilan jenis kripik atau yang bisa berbunyi kriuk-kriuk saat dikunyah.

 

itulah tiga hal yang biasa menemaniku saat sedang ngeblog, ngeblog tidak hanya tentang tulis menulis, adakalanya ngedit foto, atau sekedar blogwalking atau menyelesaikan kendala terkait templete blog, tentang google ads, tentang google console, atau belajar tentang copywritting dan lain-lainnya.

 

Jika di atas adalah 3 hal yang bisa menemani saat ngeblog, lalu apakah ada hal-hal tertentu yang menghambat kita buat ngeblog? Ada, jawabannya. Karena ngeblog selain ada niatan kuat dari dalam diri kita masing-masing , ada hal-hal lain juga mempengaruhinya.  Inilah 3 hal yang harus dijauhi saat akan ngeblog versi aku

 

Ponsel

sumber : Pixabay
 

 Semua sepakat tentang ini, karena tidak hanya anak kecil, orang dewasapun kalau sudah pegang ponsel lalu scrool media sosial tidak akan ada habisnya dan lupa waktu. Tidak hanya untuk para blogger, ibu rumah tanggapun juga mengalami seperti ini, mereka bilang "Kalau sudah pegang hp lupa sama kerjaan, lupa sama cucian, lupa kalau belum bersih-bersih rumah". Begitulah efek dari ponsel. Pengalaman pribadi, kalau nulis seharusnya satu jam bisa dapat berapa kata, tapi kalau sudah pegang hp dan scrool scrool maka satu jam duduk di depan laptop juga tidak dapat apa-apa.

 

Musik

 

sumber : pixabay

Aku tipe manusia yang tidak bisa konsentrasi kalau ada suara, apalagi kalau dengar suara volume musik yang lumayan keceng, mendengar suara musik seperti menguras energi, jadi energi kesedot semua saat dengar musik yang keras. Tapi aku masih bisa mendengarkan musik, saat volume musik tidak terlalu keras ibaratnya cukup hanya aku yang mendengar.

 

JANGAN Ngobrol

 

sumber : Pixabay

 

Ada yang kalau nulis tipe seperti ini? tiba-tiba waktu ada puluhan kata yang sudah siap di eksekusi dalam bentuk tulisan, tiba-tiba ada yang ngajak ngobrol apalagi kalau sambil teriak belum lagi kalau sedikit memaksa, langsung hilang semua lenyap tak berbekas rangkaian kata yang sudah disusun dengan baik dan kalau sudah begitu terbitlah emosi yang ingin segera dikeluarkan, dan akhirnya mood untuk menulispun juga hilang, makanya aku lebih sering nulis kalau malam atau pagi karena diwaktu-waktu itu memang interaksi dengan orang rumah sangat minim.

 

Itulah tiga hal yang harus aku jauhi, agar bisa nulis dan rutin update. Dari semua hal itu tekad dan niat memang diatas segalanya, kalau sudah punya tekad hari ini bisa nulis 1000 kata sehari, aku rasa juga bakalan terwujud, jangan terlena dengan tiga hal yang memang harus dijauhi agar bisa lebih produktif dan jangan lupakan tiga hal yang bisa membantumu untuk bisa lebih produktif juga.

 

Ngeblog memang asyik, kita memang dipaksa untuk berfikir out of the box, melihat segala sesuatu dari segala sudut pandang, tidak hanya dari satu sisi dan hal ini memang perlu pengalaman dan harus terus melatih diri agar bisa lebih baik membaca sesuatu, salah satu caranya adalah jangan pernah berhenti menulis, teruslah menulis sambil kita belajar hal-hal lain yang bisa mengembangkan tulisan kita menjadi lebih baik daripada tulisan kita sebelumnya. Setiap blogger selalu punya ciri khas masing-masing, karena tulisan adalah murni hasil dari olah pikiran dan pengalaman masing-masing. 

 


 

Disqus Comment

Formulir Kontak