MEMULAI BISNIS DENGAN JUALAN HIJAB BRAND SENDIRI, MENGAPA TIDAK? - RAGIL SAPUTRI

MEMULAI BISNIS DENGAN JUALAN HIJAB BRAND SENDIRI, MENGAPA TIDAK?

  MEMULAI BISNIS DENGAN JUALAN HIJAB BRAND SENDIRI, MENGAPA TIDAK?


Menurut wikipedia Bahasa Indonesia, Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba.

 

Di era sekarang hampir semua orang mempunyai bisnis sendiri-sendiri, hal ini salah satunya karena tuntutan kebutuhan yang semakin hari semakin meningkat, jadi mereka membutuhkan sumber pendapatan yang lain atau memang karena lowongan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan para pencari kerja sehingga mereka memilih untuk melakukan bisnis, atau faktor-faktor lain yang membuat mereka melakukan bisnis semisal seseorang itu pintar membuat kue sehingga memutuskan untuk menjual kue hasil buatannya ke masyarakat umum. Bisnis memang tidak menjanjikan selalu mengalami keuntungan, karena dibalik keuntungan seorang pebisnis harus rela jika bisnisnya mengalami kerugian atau mungkin impas. Jika kita sudah fokus untuk melakukan bisnis, maka kita harus bermental baja karena bagaimana bisnis kita ke depannya semua ada di tangan kita itu tentunya bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti kita tidak bisa membawa bisnis kita ke arah yang lebih baik. 

 

BISNIS APA YANG PALING DIMINATI?

Bisnis hijab adalah salah satu dari sekian banyak bisnis yang paling diminati dan paling menjanjikan, mengapa? alasannya cukup simple yaitu karena para wanita tidak akan pernah merasa cukup dengan satu model saja atau satu warna saja, pasti pernah dengan kata-kata "Bahwa seorang wanita selalu mengatakan tidak punya hijab." padahal kenyataannya adalah hijabnya ada satu lemari penuh sesak.

Jadi buat kalian yang mau mulai bisnis jangan ragu untuk memulainya dengan menjual hijab sebagai produknya utamanya.

 

MEMULAI BISNIS HIJAB DENGAN BRAND SENDIRI, MENGAPA TIDAK, JIKA TAHU CARANYA MAKA BUKAN HAL YANG SULIT UNTUK MEWUJUDKANNYA.

 

Apakah pengertian brand?

Brand atau merek menurut wikipedia bahasa indonesia adalah tanda yang dikenakan oleh pengusaha (pabrik, produsen dan sebagainya) pada barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal. 

 

Beberapa hal yang harus dilakukan saat akan memulai bisnis hijab dengan brand sendiri antara lain sebagai berikut :

 


 

1. Tentukan target konsumen terlebih dahulu.

Secara umum target konsumen dari hijab adalah para muslimah, tapi masih bisa dibagi menjadi beberapa kelompok khusus misalnya berdasarkan faktor usia, berdasarkan kebutuhan pelanggan untuk sebuah acara baik resmi maupun nonresmi atau untuk kebutuhan fashion dan gaya hidup semata dan berdasarkan faktor harga. Kalau kita sudah tahu target konsumen kita maka kita akan bisa lebih menentukan produk hijab seperti apa yang bakalan kita jual.

 

2. Modal

Ini menjadi bagian paling penting dari sebuah usaha. Besar kecilnya modal diawal mempunyai pengaruh yang besar yang menentukan laju awal bisnis. 

 

3. Pemilihan model hijab.

Pada dasarnya model hijab itu hanya terdiri dari bergo (kerudung instan), jilbab segi empat, pasmina dan khimar. Yang membuat berbeda adalah modifikasi dari para produsen. Untuk model hijab lebih baik memilih model yang timeless alias model yang tidak akan terlihat kuno, jadi tetap tidak terlalu berpengaruh terhadap perkembangan tren hijab. Salah satu contohnya adalah jilbab segi empat tanpa motif alias polos. Dari tahun ke tahun jilbab segiempat polos masih sangat diminati. 

 

4. Pemilihan bahan baku.

Untuk bahan baku alias kain yang dipakai untuk hijab, dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan. Mulai dari jersey, kain katun, creppe, dan masih banyak lainnya. Selain memilih bahan baku dengan kualitas terbaik kemudian kita harus memastikan bahwa penjahit yang kita gunakan jasanya mempunyai kemampuan yang baik sehingga bisa menghasilkan produk hijab yang berkualitas bagus.

 

5. Sistem marketing

untuk saat ini sistem marketing yang paling banyak diminati dan sangat menjanjikan adalah melalui media sosial. Dengan menggunakan media sosial kita bisa lebih banyak menjangkau konsumen. Media sosial yang bisa digunakan untuk promosi antara lain : Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, lalu untuk penjualan bisa melalui marketplace yang ada.

 

6. Pemilihan nama brand / merek

Nama brand atau merek ini juga menjadi hal penting untuk membangun branding/ citra di kalangan costumer nantinya. Pastikan bahwa nama brand untuk produk hijab kita tidak sama dengan kompetitor atau produk lainnya. Karena pemberian nama brand ini bisa menjadi polemik dilain waktu, jadi pastikan bahwa nama brand kita belum dimiliki oleh orang lain. 

 

Contoh untuk pemberian nama brand, biasanya menggunakan inisial nama sendiri, nama pasangan, nama anak atau gabungan dari ketiganya, atau mungkin bisa menggunakan nama-nama dari bahasa asing. Untuk pemberian nama brand untuk hijab bebas bagaimana sekreatifnya kita sebagai pemilik untuk memberikan nama, point pentingnya adalah nama tersebut mempunyai arti yang baik, tidak menyinggung pihak manapun dan bisa mempresentasikan produk kita. 

 

Sebagaimana memberikan nama pada bayi yang baru lahir, ada harapan dan ada impian di dalamnya, karena disetiap nama selalu ada doa yang terselip dari si pemilik. 

 

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha hijab dengan brand sendiri. 

 

Kita pasti dibuat bingung dan khawatir perihal pemilihan bahan baku dan pemilihan penjahit, apakah mereka jujur dan berkompeten baik? dua hal itu pasti selalu menjadi pertanyaan yang muncul saat akan memulai bisnis hijab.

 

Tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi, kenapa? karena semua bisa diselesaikan dengan baik oleh I-PRINT.

 

APAKAH ITU I-PRINT

 

 

iPrint adalah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2015 yang bergerak pada bidang jasa print kain / print tekstil digital. 

 

Ada lebih dari 20 jenis kain yang disediakan oleh iPrint, antara lain yaitu kain velvet satin, kain maxmara, kain toyobo, balotelli, armani silk, hyget, organza, ceruti babydoll, jersey dan tentunya masih banyak lagi yang lain.

 

Di iPrint tidak hanya dapat mencetak kain, tapi juga bisa menjahit kain hingga menjadi produk yang siap dipasarkan seperti hijab printing, custom t-shrit.

 

Alasan mengapa harus print kain di iPrint adalah sebagai berikut :


 

  • Bisa custom desain

Selain bisa mencetak desain dari kita, iPrint juga bisa membuatkan desain khusus untuk kita. Keuntungannya adalah motif dijamin tidak pasaran jadi bisa lebih memikat pembeli.

 

  • Beragam pilihan kain

ada 20 lebih jenis kain premium yang disediakan untuk kita pilih.

 

  • Minimal order 10 meter

Untuk print kain, di iPrint minimal 10 meter sudah bisa mendapatkan harga jauh lebih murah.

 

  • Hasil printing berkualitas

Dengan menggunakan mesin printing EPSON SUBLIMATION yang sudah mempunyai sertifikat tinta oeke-text standrad 100.

 

Lalu Bagaimana dengan Jasa Print Hijab di iPrint?

 

Semakin kesini perkembangan teknologi semakin perkembang, seperti halnya cara membuat hijab, salah satu cara terbaru dalam membuat hijab adalah dengan teknologi print melalui proses sublimasi, dan sekarang lebih dikenal dengan nama hijab print.

 

DI iPrint sendiri, untuk mencetak hijab disediakan 7 pilihan bahan dari 6 jenis kain, karena tidak semua bahan dan jenis kain bisa cocok untuk dibuat hijab. 7 pilihan bahan dari 6 jenis kain itu adalah :


 

Voal Tryspan Ultrafine

Voal tryspan ultrafine adalah jenis bahan kain voal legenda yang mempunyai karakter ringan, tegak, dan nyaman saat digunakan.

 

Voal Tryspan Ultrafeel

Voal tryspan ultrafeel adalah salah satu jenis kain voal papan atas yang memiliki tekstur zig-zag rapat dan mewah.

 

Voal Ultimate

Voal ultimate adalah salah satu jenis kain voal terbaik yang mempunyai ciri khusus yaitu tekstur garis miring memanjang.

 

Voal Sahara

Voal sahara adalah salah satu jenis kain voal dengan koleksi warna terbanyak dan memiliki tekstur yang paling empuk di antara kain voal lainnya.

 

Voal Premium

Voal premium adalah salah satu jenis voal terlaris dan terpopuler yang digunakan untuk sublimasi khususnya membuat hijab printing.

 

Double Hycon

Double hycon masuk dalam kategori kain sifon, kain hycon ini memiliki karakter yang lembut, halus, jatuh, dan tidak mengembang.

 

Langkah-Langkah Pemesanan Print Hijab di iPrint adalah sebagai berikut :

 

1. Pilih Kain

Saat ini kami memiliki 7 jenis bahan kain untuk membuat hijab printing.

 

2. Pembuatan Desain

Jika desain sudah ada, kami akan cek dan dilakukan penyesuaian.

 

3. Approval Sample

Untuk cetak kain dalam jumlah banyak, disarankan untuk cetak sample.

 

4. Produksi

Lamanya waktu produksi tergantung pada jumlah dan antrean cetak.

 

5. Pengecekan Kualitas

Sebelum dikirim, akan dilakukan QC (Quality Control) terhadap produk.

 

6. Pengiriman

Proses pengiriman akan dilakukan menggunakan jasa ekspedisi.

 

Tapi perlu diingat sebelum menuju ke langkah-langkah pemesanan hijab printing di iPrint, pastikan kita sudah mempunyai nama brand hijab kita. 

 

Bagaimana untuk motif hijab print di iPrint :

 

Ada 7 motif laser cut hijab printing di iPrint yaitu :



Laser cutting adalah salah satu proses finishing hijab yang paling digemari untuk saat ini, karena hasilnya cukup rapi, kuat dan membuat produk semakin menarik.

 

Di Iprint, juga sudah menyediakan layanan ini, jadi bagi teman-teman yang sedang atau akan menjalankan bisnis hijab dengan brand sendiri dan masih belum memilik mesin laser cutting maka bisa menggunakan layanan yang sudah disediakan oleh iprint.

 

Keunggulan Laser Cut kerudung di IPRINT


 

  • Motif Laser Cut Jilbab

Kami menyediakan lebih dari 7 motif laser cutting hijab yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

 

  • Custom Motif Laser Cut

Bagi Anda yang ingin motif laser cut hijab tertentu, silahkan konsultasikan dengan admin kami.

 

  • Harga Laser Cut Murah

Kami menawarkan harga laser cut hijab yang murah sehingga Anda bisa memiliki margin jual yang tinggi.

 

  • Mesin Berkualitas Tinggi

Kami menggunakan mesin laser cutting hijab berkualitas tinggi sehingga hasil laser cut presisi dan tidak gosong.

 

  • Ukuran Lebih Lebar

Kami menawarkan laser cutting jilbab hingga ukuran 145 x 145 cm, tentu ukuran ini lebih lebar dibandingkan kompetitor kami.

 

  • Tanpa Minimal Order

Kami memberikan kemudahan untuk Anda dengan menawarkan tanpa minimal order untuk jasa laser cutting hijab di iPrint.

 

Lalu bagaimana caranya menggunakan jasa laser cutting jilbab di iPrint? caranya adalah sebagai berikut :


 

1. Pilih Motif

Kami menyediakan lebih dari 7 model laser cutting jilbab yang bisa Anda pilih.

 

2. Kirimkan Produk Anda

Kirimkan kain hijab Anda jika print dari tempat lain.

 

3. Approval Sample

Untuk laser cut kerudung dalam jumlah banyak, disarankan untuk cetak sample.

 

4. Produksi

Lamanya waktu produksi tergantung pada jumlah dan antrean laser cutting.

 

5. Pengecekan Kualitas

Sebelum dikirim, akan dilakukan QC (Quality Control) terhadap produk.

 

6. Pengiriman

Proses pengiriman akan dilakukan menggunakan jasa ekspedisi.

 

 

Berikut beberapa testimoni dari teman-teman kita yang sudah pernah bekerja sama dengan iprint :





Cara Melakukan Pemesanan di iPrint :

 

Jenis data file untuk Produksi

  • Untuk data kami sarankan sudah dalam bentuk JPG/PNG.
  • Apabila data yang dikirimkan akan diedit, informasikan kepada admin melalui chat whatsapp atau telepon, supaya bisa dibantu dalam edit design.
  • Untuk jenis fullprint gunakan Image Mode – CMYK Color sesuai kriteria mesin cetak fullprint kami, apabila file yg dikirim jenis RGB kami tidak bertanggung jawab atas hasil cetak yang berbeda warna dengan design Anda.
  • Untuk resolusi file design: 150-200 dpi/inch.

Kirim file ke : order@iprint.id

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum order

  • Order dalam jumlah banyak diharapkan dapat membuat sample print terlebih dahulu, komplain tidak kami terima apabila tidak membuat sample.
  • Untuk menghindari resolusi gambar yang di print pecah, kami sarankan customer menyediakan gambar kualitas high resolution.
  • Apabila terjadi kesalahan pada saat melakukan printing (bercak noda/kain terlipat, hasil print tidak sesuai), kami gantikan dengan melakukan printing ulang dengan catatan kain disediakan lagi oleh konsumen (Print Only).
Bila Anda ingin mencetak dengan bahan sendiri, pastikan bahan tersebut bebas dari cacat, noda, dll. Karena kami tidak menerima komplain sehubungan dengan kualitas kain.

Jadi buat teman-teman yang menginginkan memulai bisnis dan memilih bisnis hijab dengan brand sendiri, jangan ragu lagi untuk membuatnya di iprint, karena memang  sudah tidak diragukan keunggulan mereka dan mereka berani pasang harga lebih murah dari yang lain. Jadi jangan ragu lagi memulai bisnis hijab dengan brand sendiri di IPRINT saja. 

Berikut akun media sosial dari iPrint.id, silahkan di follow untuk mengetahui lebih detail tentang bisnis hijab printing atau membuat brand hijab sendiri :

Selamat mencoba dan tetap semangat untuk usaha bisnisnya. 

 


 

<!>
 

Disqus Comment

Formulir Kontak