Ragil Saputri: #31HariMenulis
RITUAL KHUSUS MENJELANG LEBARAN, BIASANYA DI LAKUKAN DI MALAM LEBARAN. APAKAH ITU?

RITUAL KHUSUS MENJELANG LEBARAN, BIASANYA DI LAKUKAN DI MALAM LEBARAN. APAKAH ITU?


Lebaran adalah hari kemenangan dimana setelah satu bulan penuh kita berpuasa ramadhan dan ditandai dengan gema takbir dan tentunya shalat ied. Tidak salah jika kita menyambut lebaran dengan sangat antusias bahkan mungkin sejak mulai puasa hari pertama kita sudah merencakana hari lebaran nanti akan seperti apa.

Setiap rumah pasti mempunyai cara-cara tersendiri untuk menyambut lebaran dan tentunya cara-cara tersebut pasti melibatkan seluruh anggota keluarga. Iyaa kan? bener kan? he he he he. Meskipun setiap tahun sama tetapi pasti selalu bertanya dan selalu salah mengerjakannya. Benar apa benar?

Dan inilah ritual menjelang lebaran ala keluarga VaaRida Punya?
  • Bersih-bersih rumah.

Bersih-bersih rumah ini dari depan sampai belakang dan dari atas sampai bawah. Jangan kau kira bersih-bersih rumah sehari selesai ya, karena sampai pagi menjelang itu masih belum. Karena kategori bersih ini yang dipakai adalah kategori dari ibu negara. yang setia untuk mengecek, kalau kurang bersih gak marah sih tapi langsung ditangani sendiri. contoh ibu negara yang baik dan membuat kami menjadi semakin merasa bersalah.  Bapak negara bagian bersih-bersih langit-langit rumah, kalau para abdi mengerjakan sisanya.

  • Cuci bersih semua toples kebanggan.

Toples kebanggan yang muncul setahun sekali pasti setiap keluarga punya. Kalau hari - hari biasa cukup dengan wadah plastik bekas astor lebaran tahun kemarin. Ini biasanya dicuci beberapa hari sebelum lebaran, setelah mendapatkan beberapa kali ultimatum dari ibu negara “kapan toples e mbok isahi?” (artinya  ; “Kapan toplesnya kamu cuci?”).
  • Ganti sprei dan sarung bantal di tiap kamar.

Jenis sprei yang dipasang harus sesuai dengan arahan dari ibu negara, kalau tidak sama ya dicopot lagi dan diganti. Karena itu sebelum memulai aksi pemasangan sprei biasanya para abdi minta ke ibu negara untuk menyiapakan sprei mana untuk kamar mana. Kamarnya apakah banyak, berderer-deret seperti di kostan? Nggak cuma ada empat kamar saja.
  • Ganti gorden.

Ritual ini selalu selesai menjelang tengah malam, di mana ada gorden yang terpasang disitu maka bakalan diganti gordennya. Gak banyak cuma karena memang lama mencopot dan memasang kembali gorden itu perlu banyak waktu. Lagi-lagi gordennya pasti gorden kebanggan yang dipasang kalau ada perlu atau setahun sekali pas lebaran seperti ini.
Tidur menjelang dini hari.
Ini karena mengerjakan pekerjaan itu, seharusnya bisa dikerjakan jauh-jauh hari tapi karena udah menjadi rutinitas rasanya gak afdol kalau nggak dikerjakan mendadak atau serba cepat di malam lebaran. Biasanya mulai tidur setelah am 1 malam, dan ibu negara pasti yang paling terakhir tidurnya tapi anehnya beliau juga yang bangun lebih awal. Hebat banget ya.

Dari semua ritual di atas, di akhiri dengan pembuatan nasi kuning di hari lebaran, selain dibuat makan sendiri juga akan di buat ‘tempelang’ untuk dibawa ke masjid. Kompisisi nasi kuning ini cukup sederhana, dadar telur yang diiris memanjang serta oseng kering tempe atau tahu dan jangan dilupan serondeng. Dan kalau sudah seperti ini, “Nikmat mana yang kau dustakan.”

MInal Aidin Wa Faidin mohon maaf lahir dan batin


Apa Kabar Pemeran Serial Mahaputra Sekarang?

Apa Kabar Pemeran Serial Mahaputra Sekarang?



Ada yang pernah liat serial mahaputra, dulu pernah ditayangkan di Indonesia, tapi tidak sampai selesai sepertinya.Waktu mahaputra dewasa cuma secuil yang ditayangkan habis itu hilang entah kemana. Aku yang sempat mengikuti akhirnya larilah ke warnet untuk melihat kelanjutannya, ternyata di negara aslinya serial ini belum selesai masih dalam proses tayang juga.

Mahaputra sendiri tayang di Indonesia sekitar tahun 2015, sedangkan di India episode awal tahun 2012 dan selesai ditayangkan tahun 2015.

Judul asalnya adalah Bharat Ka Veer Putra – Maharana Pratap dan di Indonesia dirubaha menjadi Mahaputra. Di sini aku akan membahas para pemeran serial mahaputra waktu berkisah mereka masih remaja. Ada Faisal Khan yang menjadi Kunwar Pratap Singh atau mahaputra remaja, Roshni Waliaa sebagai Ajabde Punwar remaja dan Zannat Zubair sebagai Pool Kanwar remaja.

Lalu bagaimana kabar mereka sekarang setelah 5 tahun berlalu. Berubahan yang paling menonjol adalah perubahan fisik tentunya. Inilah mereka setelah lima tahun berlalu :


  • Faisal Khan, Lahir di Mumbai pada tanggal 30 Januari 1999. Jadi saat shoting Mahaputra tahun 2012 Faisal Khan berusia 13 tahun dan sekarang ia sudah berusia 21 tahun. Woooh sudah dewasa. Kalau menurut aku untuk wajah tidak terlau banyak berubah, kalau perubahan secara fisik tentunta terlihat sekali. Karakter wajah dewasanya sudah terlihat meski wajah remajanya juga masih terbawa. Tapi masih tetap ganteng dan maniskan ya?


  • Roshniwalia, pemeran Aajabde remaja ini lahir di Allahabad India pada tanggal 20 September 2001. Jadi saat bermain jadi Ajabdee tahun 2012 ia masih berusia 11 tahun, dan sekarang di tahun 2020 ia September nanti bakalan berusia 19 tahun. Usia 19 tahun itu kalau di Indonesia sudah masuk bangku kuliah mungkin sekitar semester 4 atau 5. Suka liat postingan foto-foto Roshni di akun instagramnya gaya-gayanya asik dan fotogenic menurut aku. Menurut aku dia masih imut-imut dan menggemaskan, dan tentunya lebih sedikit berisi dibanding waktu masih anak-anak.


  • Jannat Zubair, dia memerenkan Phool Kanwar, sahabat Ajabdee sejak kecil. Ia lahir di Mumbai pada tanggal 29 Agustus tahun 2001, seumuran dengan Roshni ya berarti, lahir di tahun yang sama cuma beda bulan saja, selisih satu bulan. Perannya di Mahaputra yang aku ingat dia cerewet dan banyak bicara tapi kalau dilihat sekilas Jannat ini orangnya seperti kalem ya.


Itulah perubahan pemeran serial mahaputra setelah hampir 5 tahun berlalu. Mereka bertiga sampai sekarang juga masih aktif di dunia hiburan di India sana. Yang aku suka dari cewek-cewek india adalah mereka berambut panjang dan warna hitam, sepertinya itu sudah menjadi ciri khas dari wanita-wanita india.



09. SUDAH BENARKAH CARA KITA MEMAKAI MASKER?

09. SUDAH BENARKAH CARA KITA MEMAKAI MASKER?



Jika beberapa waktu yang lalu, bagi sebagian orang memakai masker hanya jika sedang naik motor atau di dalam kendaraan umum, mereka memakai masker untuk melindungi dari dari asap kendaraan, debu, asap rokok, atau sinar matahari.

Tapi dengan merebaknya Covid-19 ini dan adanya anjuran pemerintah untuk memakai masker saat keluar rumah atau saat beraktivitas. Semua orang memakai masker untuk melindungi diri dari virus corona, karena dengan memakai masker diharapkan bisa memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Kita yang sehat cukup dengan memakai masker kain saja. Masker kain bisa dipakai berulang kali dan sekarang masker kain juga sudah banyak jenis dan modelnya, kita bisa pilih mau memakai masker kain dengan model seperti apa.

Ditengah banyaknya model masker yang beredar di masyarakat, sudah benarkah cara kita memakai masker selama ini?

Berikut tata cara memakai masker yang benar dan tepat :
  • Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).
  • Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat digunakan; bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%)
  • Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali.
  • Untuk membuka masker: lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker; Untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen. Untuk memasang masker baru, ikuti poin pertama.

(sumber : covid19.go.id)

Itulah cara yang tepat dalam memakai masker. Jangan lupa memakai masker kalau ke luar rumah, tapi lebih baik di rumah saja. Mari kita sama-sama mencegah penyebaran virus corona ini.



07. IBU

07. IBU



Satu kaLimat yang terdiri dari 3 huruf ini mempunyai makna yang sangat dalam dan tak kan ada pembanding yang mampu membanandingi keberadaanya. Ibu kata ini terLaLu sederhana untuk diucapkan. Ibu merupakan wujud perpnjangan tangan dari sang pemberi hidup. Ibu adaLah segaLanya, tak kan sannggup untuk membaLas segaLa jasa yang teLah beLiau berikan kepada para anak – anak nya. Ibu, ibu dan ibu tidak pernah habis bibir ini untuk membahas nya.

Dari beLiau kita tahu apa arti hidup ini,beLiauLah yang mengjarkan banyak haL tentang hidup, tentang arti sebuah cinta dan kasih sayang. Guru pertama yang mengajarkan akan dasar sebuah kehidupan yang keLak menjadi nyawa untuk hidup sang anak – anak nya. Setiap tutur katanya adaLah sebuah sabda yang tak kan tergoyahkan yang mampu menjadi peLucut semangat sang anak daLam setiap Langkah nya. PeLuh keringat nya tak kan sebanding dengan butiran berLian, tetesan air matanya adaLah sebuah bukti bahwa ada surga di daLam dirinya dan jangan pernah berfikir untuk menghancurkan surga itu. DaLam diri seorang terdapat kekuatan yang akan mampu untuk menguncang dunia seisi nya. MemiLiki nya dan mendapatkan segaLa sentuhan kasih sayang dari nya, merasakan keLembutan tangan nya adaLah sebuah anugrah yang tak kan sebanding dengan dunia seisinya. Begitu sempurna segaLa bentuk yang tercurah dari beLiau. Diberikan nya segaLa haL apa yang beLiau miLiki demi apa yang dinamakan kebahagian bagi anak – anak nya. Begitu sempurna kasih sayang beLiau kepada anak – anak nya.

Dalam diri beLiau Lah nyawa kita berada, ridho nya adaLah modaL kita untuk menggegam dunia ini. Sejauh mana kita meLangkah beLiau adaLah tujuan terakhir nya dan tempat kita kembaLi. Bukan tanpa aLasan semua ini apa arti nya jika engkau bisa menggegam dunia tapi senyum ibu tak pernah ada daLam genggaman, daLam kondisi apapun beLiau akan tetap hadir di samping. Penasehat yang menjadikan kegeLapan daLam hidup mu menjadi seterang sinar.

Tak kan bisa dipungkiri, sampai kapan pun beLiau akan seLaLu dibutuhkan oLeh anak – anak nya dan sampai kapan pun puLa serta dalam kondisi apapun beLiau akan seLaLu hadir untuk kita anak – anak nya. Sejauh mana engkau menjauh dari beLiau, beLiau akan tetap berdiri daLam ketegaraanya keLak kita yang akan datang kepada beLiau dengan segaLa haL yang terjadi dan beLiau akan menyambutnya dengan tangan terbuka, dengan segaLa kasih sayang nya akan kembaLi menuntun kita kembaLi ke daLam sebuah kebahagian.

Saat mendapat seuntai pengakuan dari beLiau ituLah dimana sebuah dunia teLah kita genggam, hakikat dari sebuah  kebahagian yang sebenarnya. Saat seorang anak meLakukan sebuah kesaLah pada ibu nya maka disituLah sebuah kehancuran akan dimuLai, dan maaf nya Lah yang kita butuh kan. Doa beLiau Lebih mustajab dari seorang waLi ataupun kyai atau siapapun didunia ini. Doa dari nya adaLah kekuatan seorang anak untuk meLangkah maju untuk menggegam dunia.

Sungguh sempurna ALLAH menciptkan seorang ibu. SegaLa haL tentang kita adaLah dari nya dan kepada nya kita akan kembaLi..

Maaf jika aq terLaLu sering meLukai hati mu,, ibu....
Maaf jika aq masih bLm bisa membuat engkau bahagia
Keinginan ku hanya ingin meLihat mu bahagia dan
Engkau bangga akan diriku..
Trimkasih atas sgLa doa dn kasih sayang mu
Engkau adaLah nyawa ku...
 


noted : ini ditulis di tahun 2012. Buk, maafkan segala kesalahan aku ya. maaf, maaf , maaf . 


GAMBAR : www.freepik.com
06. Jurus Khatam Al-Quran Hanya Dalam Satu Bulan Ala ODOJ

06. Jurus Khatam Al-Quran Hanya Dalam Satu Bulan Ala ODOJ



Membaca Al-quran menjadi nilai ibadah tersendiri bagi kaum muslim. Apalagi dibulan ramadhan seperti ini, situasi dan kondisi seperti sangat mendukung kita untuk rajin beribadah. Yang biasanya tidak bisa shalat malam sekarang tidak pernah absen. Yang biasanya buat tilawah tidak menemukan waktu yang pas sekarang sudah hampir khatam.

Tapi bagaimana nanti selesap ramadhan, masihkah kita akan rajin ibadah tahajud, masihkan kita bisa khatam dalam waktu satu bulan.



Berikut ada beberapa jurus agar kita bisa khatam al-quran dalam satu bulan ala komunitas ODOJ (One Day One Juz). Dari nama komunitasnya pasti sudah tahu kan artinya, iyaa kita baca satu juz satu hari.

  • JURUS KUDA PACU, ini kita tilawah satu juz dalam satu kali waktu, belum berhenti kalau belum selesai baca satu juz. Umumnya satu juz bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih sekitar 45 menit, tapi ada beberapa juga dalam waktu 30 menit sudah bisa menyelesaikan satu juz.


  • JURUS KEBO, jurus ini menerapkan sistem dimana aja dan kapan saja bisa tilawah. Mau di kereta api, di dalam bus, nunggu di halte tilawah jalan terus.


  • JURUS KURA-KURA. Maksudnya kita baca sedikit demi sedikit tapi sering, tiba-tiba tidak terasa satu juz udah selesai.


  • JURUS PAUS, jurus ini menerapkan sistem satu juz di bagi dua dengan dua kali baca, biasanya di waktu subuh atau magrib.


  • JURUS LEBAH, kalau jurus paus dibagi menjadi dua kali, kalau jurus lebah setiap habis shalat rawatib kita membaca AL-quran.  Al-quran dengan size panjang 15 cm dan lebar 10 cm itu satu juz-nya ada 10 lembar atau 20 halaman. Jadi kalau dibaca setiap habis shalat yang berarti 5 waktu maka setiap baca untuk 4 halaman atau dua lembar.



Itulah 5 jurus baca al-quran agar bisa khatam dalam waktu satu bulan. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang kalian saat ini agar bisa memilih jurus mana yang mau diambi. Siaaap untuk satu hari satu juz.
Semangat kholas satu juz.






05. Tiga Rekomendasi Lagu Galau Yang Wajib Kalian Dengar

05. Tiga Rekomendasi Lagu Galau Yang Wajib Kalian Dengar


Mendengarkan lagu bagi sebagian orang mungkin mampu membuat lebih semangat atau membuat gembira. Musik memang bisa menjadi penangkal stress bagi sebagian orang. Lalu bagaimana dengan mendengarkan lagu galau? Apakah mampu bisa membuat semangat kembali atau malah membuat semakin terpuruk karena kejamnya kenangan yang kembali menari-menari dalam pelupuk mata. Tapi adakalanya menangis bukan hal buruk, adakalanya dengan menangis maka sisa-sisa kenangan buruk aku turut keluar dan hilang bersamaan dengan air matamu yang kembali menetes karena dia.

Pernah galau? Kalau aku sih pernah. Biasanya kalau lagi galau apa yang kalian lakukan? Yang paling gampang sih mendengarkan lagu. Iya nggak? Punya lagu favorit nggak saat galau. Kalau aku ada dan ini bakalan aku rekomendasikan buat kalian semua para kaum galau yang masih berjuang untuk move-on.

Rekomendasi Lagu Galau Versi VaaRida
  • HAMPA – Ari Lasso

Udah ada yang pernah dengar lagunya. Kalau dengar lagu ini otomatis langsung kebayang wajah dirinya yang tidak pernah hilang dalam ingatan. Wk wk wk.. 
Link video di you tube klik aja di sini : Ari Lasso - Hampa
aku kasih tahu lirik lagunya saja ya.

"Hampa"
Kupejamkan mata ini
Mencoba 'tuk melupakan
Segala kenangan indah
Tentang dirimu
Tentang mimpiku

Semakin aku mencoba
Bayangmu semakin nyata
Merasuk hingga ke jiwa
Tuhan, tolonglah
Diriku

Entah di mana dirimu berada
Hampa terasa hidupku tanpa dirimu
Apakah di sana kau rindukan aku?
Seperti diriku yang selalu merindukanmu
Selalu merindukanmu

Tak bisa aku ingkari
Engkaulah satu-satunya
Yang bisa membuat jiwaku
Yang pernah mati
Menjadi berarti

Namun kini kau menghilang
Bagaikan ditelan bumi
Tak pernahkah kau sadari
Arti cintamu untukku?

Entah di mana dirimu berada
Hampa terasa hidupku tanpa dirimu
Apakah di sana selalu rindukan aku?
Seperti diriku yang selalu merindukanmu
Selalu merindukanmu

Entah di mana dirimu berada
Hampa terasa hidupku tanpa dirimu
Apakah di sana selalu rindukan aku?
Seperti diriku yang selalu merindukanmu
Selalu merindukanmu

Entah di mana dirimu berada
Hampa terasa hidupku tanpa dirimu
Apakah di sana selalu rindukan aku?
Seperti diriku yang selalu merindukanmu
Selalu merindukanmu

  • HAL TERSULIT – Flanella

Ada yang tahu dengan Band ini? Band ini berasal dari Malang Jawa Timur, mungkin sekarang jarang tampil di televisi. Coba cek liriknya, galau dan baper pastinya. ini dia link you tubenya klik aja : Flanella - Hal Tersulit
Berikut lirik lagunya.

Hal Tersulit
sepiku tak pernah berujung
saat kau tak biasa
sendiri menjalani waktu
sulitnya ada suka yg pernah ada perih

ku tak mampu mencari lagi
apa yg kurasakan
dan aku sangat menyadari

aku kehilanganmu
 saat kau jauh dari hatiku kau nyata arti di hidup
Melupakanmu adalah hal tersulit bagiku
Karna kau terukir dalam di hatiku
Meski ku pernah bosan mengingatkanmu
Selama ini.
Kemana entah kau kemana
Kenyataan yang ada
Aku pun tak ingin begini
Sendiri dalam sepi
Yang tak pernah bertepi

  • KU INGIN KAMU – Romance

Ada yang pernah dengar? Sekali dengar suara vokalisnya mirip suara ariel Noah. Untuk lagu yang ini musiknya kalem dan liriknya menyentuh banget. Mau tahu lagunya di youtube ada klik aja di sini :  Romance - Ku Ingin Kamu
Dan ini dia lirik lagunya.

demi semua yang aku jalani bersamamu
kuingin kau jadi milikku kuingin kau disampingku
tanpa dirimu ku hanya manusia tanpa cinta
dan hanya dirimu yang bisa membawa surga dalam hatiku
kuingin engkau menjadi milikku
aku akan mencintaimu menjagamu selama hidupku
dan aku kan berjanji hanya kaulah yang kusayangi
ku akan setia disini menemani
sentuhanmu bagaikan tangan sang dewi cinta
yang berhiaskan bunga asmara
dan membuatku tak kuasa
di setiap arung gerak tersimpan di hati kecilku
bahwa dirimu terindah untukku
selama ku masih bisa bertahan
selama ku masih bisa bernapas
selama Tuhan masih mengijinkan
kuingin selalu menjagamu

Bagaimana menurut kalian?




sumber foto : 
Gambar oleh annca dari Pixabay
04. Jangan Mengaku Fans RANS Garis Keras Kalau Belum Follow akun IG ini

04. Jangan Mengaku Fans RANS Garis Keras Kalau Belum Follow akun IG ini

sumber : twitter.com/raffi_nagita17


Rans atau Raffi Ahmad dan Nagita Slavina keduanya mempunyai kekuatan untuk selalu menjadi trendsetter di Indonesia. Dengan pengikut di akun Instagram mereka saja ada sekitar 39,9 Juta orang dan itu kemungkina besar adalah real karena dilihat dari like dan komen disetiap postingan yang mereka up.

Kalau dilihat orang-orang yang mereka ikuti, sepertinya dua tokoh ini bukan orang yang sombong. Atau mungkin juga karena jaringan mereka yang sangat luas.

Setiap orang punya alasan masing-masing mengapa mengidolakan seseorang dan biasanya ada beberapa fans yang membuat akun fanbase mereka demi mendukung idolanya tersebut.

Apakah kalian juga fansnya Raffi Ahmad, Nagita Slavina atau mungkin malah lebih suka sama Rafathar? Kalau kalau mengaku fans sejati Rans, apakah kalian sudah follow akun berikut ini :

  • Fashion Nagita Slavina / @fashion_nagitaslavina , dilihat dari nama akunnya sudah bisa ditebak postingan ini berisi apa saja. Yaa ini akun memang memberitahu kepada khalayak umum tentang barang-barang yang dipakai oleh Nagita Slavina. Dan semua sepakat setiap melihat akun ini dan tahu apa merk serta harga pakaian tersebut lansung beristigfar.


  • Chevirgo / @chevirgo. Aku sendiri kurang tahu siapa sosok di balik akun ini, tapi postingannya semua tentang Raffi, Nagita dan Rafathar yang dihimpun dari berbagai sumber.  Jadi kita bisa melihat keseruan dari Raffi dan Nagita serta Rafathar dalam kesehariannya yang kadang tidak ada di IG story atau postingan mereka.




Itulah dua akun yang harus kalian follow kalau kalian fans RANS garis keras.
Selamat berpuasa dan mari berdoa agar COVID-19 segera berakhir.



03. Obrolan Sederhana di Sela Belajar Dari Rumah

03. Obrolan Sederhana di Sela Belajar Dari Rumah



Covid-19 efeknya memang dirasakan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, seperti yang dialami oleh anak-anak usia sekolah. Awalnya mereka pasti bahagia, lalu beberapa hari kemudian kebosanan sudah melanda, karena mereka tidak diperbolehkan bermain di luar rumah, hanya di rumah saja dengan seabrek tugas dari ibu guru.

Tapi beberapa waktu yang lalu, aku sempat mencuri dengar obrolan keponakan aku. Mereka ada yang masih duduk di bangku kelas 2 , 4, 5 sekolah dasar dan Sekolah Menengah Pertama kelas 1. Entah bagaimana alur obrolannya tiba-tiba mereka membicarakan tentang cita-cita mereka.

Tokoh : 
Kelas 2 SD  sebut saja bernama Rere
Kelas  4 SD sebut saja bernama Beni
Kelas 5 SD sebut saja bernama Tata
Kelas 1 SMP sebut saja bernama Lala



Lala :  “Kamu nanti mau jadi apa?”
Tata : “Aku mau jadi Gubernur Impian.”
Rere : “Kalau aku mau jadi Koki.”
Beni : “Aku jadi tukang tambal ban, biar gak mikir yang sulit-sulit.”
Lala : “Kamu itu bagaimana to, masak cita-cita tukang tambal ban.”
Beni : “Ya gpp to, kan enak tinggal duduk, orang-orang yang pada datangi ke aku.”
Rere : “Kalau gitu kamu tidak usah sekolah Mas Beni.”
Tata : “Iya kamu tidak usah sekolah, belajar saja jadi tukang tambal ban.”
Beni : “Ya udah, kalau gitu aku jadi you tuber saja, Cuma bilang ‘Hey Guys’, gampang.”
Tata : “Perasaan mu jadi you tuber itu mudah, kamu harus mikir kontennya apa, siapa saja timmu pokokny banyak yang kamu pikirkan.”
Beni : “Kira-kira apa yang menarik ya..”

Dan lalu ramailah karena masing-masing memberikan pendapatan tentang konten youtube-nya nanti. Dan tidak lama kemudian obrolan mereka udah berlanjut ke cerita yang lain lagi.

Melihat dari obrolan singkat itu, ternyata anak-anak sudah banyak mengenal cita-cita baru, kalau zaman dahulu jika ditanya mau jadi apa? jawabannya Cuma satu diantara 3 pilihan yaitu dokter, guru atau tentara.

Karena sekarang anak-anak sudah semakin pintar dan akses informasi juga mudah. Jadi info-info terbaru cepat sekali menyebar.

Apapun cita-cita kalian semoga kelak berguna untuk masyarakat sekitar, agama dan bangsa kalian yaa...
Semangat meraih cita-cita...







sumber foto :
Gambar oleh Kidaha dari Pixabay

Formulir Kontak